LRT Jakarta Velodrome-Manggarai akan Beroperasi 2024

LRT Jakarta
Rangkaian LRV LRT Jakarta saat berbelok memasuki jalur 2 Stasiun Velodrome | Foto: RED/Bayu Tri Sulistyo

REDigest.web.id, 26/5 –¬†Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jalur LRT Jakarta lanjutan Velodrome – Manggarai akan mulai beroperasi pada Agustus 2024. Hal tersebut disampaikan kepada wartawan pada Rabu (24/5) di Gedung DPR seperti dikutip dari Kompas.com.

Budi mengatakan untuk pembangunan jalurnya sendiri akan dimulai pada tahun 2023 ini. Rencana tersebut juga disampaikan oleh Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati. Ia mengatakan pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan rute LRT Jakarta.

Adita mengatakan pihaknya sudah berbicara dengan Plt. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan ditargetkan akan dimulai tahun ini atau tahun depan. Namun saat ini Pemerintah Pusat tengah fokus pada penyelesaian pembangunan Jalur LRT Jabodebek yang rencananya akan mulai uji coba terbuka pada Juli 2023 dan beroperasi penuh pada Agustus 2023.

Sebelumnya Asisten Sekda DKI Jakarta Sigit Wijatmiko mengatakan pembangunan Jalur LRT Jakarta Velodrome – Manggarai sedang dalam tahap pengajuan izin trase kepada Kemenhub. PLT Gubernur DKI Jakarta juga sudah bertemu dengan Menhub untuk membahas rencana tersebut.

Hasilnya Jalur LRT Jakarta Velodrome – Manggarai akan mulai beroperasi pada Agustus 2024. Baik Kemenhub maupun Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menyelesaikan konstruksi jalur ini sebelum Agustus 2024. Dengan disambungnya lintas antara Manggarai dan Velodrome diperkirakan volume penumpang LRT Jakarta akan meningkat menjadi 85.000 orang penumpang per harinya.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

√ó
%d blogger menyukai ini: