Berita KADebutIndonesiaKAIKereta Api

GAPEKA 2023, Sore Hari Sampai Surabaya dengan Argo Semeru

Bima Semeru
Ilustrasi: Kereta terbaru KAI, Argo Semeru yang direncanakan akan memakai rangkaian rolling-an KA Bima. | Foto: Alifiardi Maulana

REDigest.web.id, 23/5 – Dengan GAPEKA 2023 segera berlaku, KAI menambahkan 5 layanan kereta baru, dan salah satu dari lima kereta ini adalah Argo Semeru.

Argo Semeru adalah layanan kereta antar kota jarak jauh milik KAI yang membawa penumpang dari Jakarta hingga Surabaya. Perjalanan kereta yang bernomor KA 17 dan KA 18 ini akan memakan waktu sekitar 10 jam 30 menit. Waktu keberangkatan kereta dijadwalkan pada pukul 06.20 dan sampai pada pukul 16.50. Kereta ini mempunyai dua terminus di Stasiun Gambir (GMR) dan Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) serta 14 stasiun perhentian di sepanjang perjalanan.

Menyadur dari GAPEKA 2023, stasiun pemberhentian kereta ini meliputi Stasiun Bekasi, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solobalapan, Stasiun Madiun, Stasiun Nganjuk, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, dan Stasiun Mojokerto.

Penamaan kereta Argo Semeru ini meneruskan tradisi PT KAI yakni menamai kereta kelas atasnya dengan nama-nama gunung. Semeru merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang memiliki tinggi 3.676 mdpl dan berlokasi di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pemilihan nama ini bertepatan dengan lokasi tujuannya, yakni Kota Surabaya yang menjadi Ibukota Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan pemantauan di aplikasi KAI Access (22/5), harga tiket Argo Semeru saat ini berada di kisaran antara Rp. 500.000-680.000. Rentang harga ini kurang lebih mirip dengan layanan kereta lain dengan tujuan serupa seperti Jayabaya ataupun Bima.

Dengan semua fakta terbentang mengenai kereta ini, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (RED/DS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×