Sambut GAPEKA 2023 pada 1 Juni, Berikut Perbedaannya dengan GAPEKA 2021!
KA Campuran

Peningkatan Kecepatan
Pada GAPEKA 2021, terjadi perubahan pola operasi dan peningkatan kecepatan pada KA-KA seperti KA Argo Parahyangan dan Sancaka. Kedua KA ini dapat beroperasi hingga maksimal 115 km/jam pada sebagian besar perjalanannya. Pada GAPEKA 2023, sejumlah KA jarak jauh pun akhirnya mendapat peningkatan ini.
Sebut saja KA Fajar/Senja Utama Solo dan Mataram serta KA Mutiara Selatan. KA-KA ini pada akhirnya mendapatkan peningkatan kecepatan hingga 120 km/jam. Dengan peningkatan kecepatan ini, waktu tempuh kedua KA ini pun juga menjadi semakin singkat. Sementara itu, beberapa perjalanan KA kelas campuran masih belum mendapat peningkatan kecepatan berarti. Berikut perbandingannya


Penambahan Perjalanan KA Sancaka

KA Sancaka yang menjadi urat nadi mobilitas Yogyakarta-Surabaya juga mendapat perhatian khusus pada GAPEKA 2023. Pasalnya KA ini mendapat peningkatan jumlah perjalanan sebanyak 4 perjalanan, yakni 2 perjalanan reguler dan 2 perjalanan fakultatif. Berikut adalah perbandingannya.

Selain itu, tentu saja KA Sancaka juga mendapat peningkatan kecepatan sedikit hingga 120 km/jam. Alhasil waktu tempuhnya pun berkurang.
Perubahan Pola Operasi

Sejumlah KA kelas campuran pun mengalami perubahan pola operasi yang cukup drastis akibat GAPEKA 2023. Perubahan yang paling terasa adalah pada KA Singosari dan KA Gumarang. KA Singosari bergeser jam keberangkatannya dari Pasar Senen dari sore hari menjadi malam hari. Hal ini akibat dari penerapan pola rolling pada KA Singosari dan KA Bangunkarta yang keduanya menggunakan kereta ekonomi hasil modifikasi.
Sementara KA Gumarang mengalami pergeseran jam keberangaktan dari Pasar Senen menjadi malam hari akibat rangkaiannya menjadi KA Tegal Bahari di siang harinya.

Halaman Sebelumnya: KA Eksekutif
Halaman Selanjutnya: KA Ekonomi
Pingback: Fasilitasi Kebutuhan Pelanggan, KAI Tambah Periode Pemesanan Tiket Hingga H-90