Berita KAInternasionalKereta Api

Krisis Chip, Sejumlah Operator Hentikan Penjualan Pasmo dan Suica

Ilustrasi: Kartu Suica | Foto: Japantravel

REDigest.web,id, 5/6. Sejumlah operator kereta api di timur Jepang akan menghentikan penjualan sejumlah kartu Pasmo dan Suica mulai 8 Juni mendatang. Seperti dilansir dari Japantimes, penghentian ini dilakukan sebagai dampak dari krisis chip yang melanda dunia saat ini.

JR East dan sejumlah operator lainnya dalam pernyataan resminya mengatakan penghentian penjualan sejumlah kartu Pasmo dan Suica dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini dikarenakan produsen kartu kesulitan mencari chip yang menjadi bahan baku kedua kartu ini.

Penghentian penjualan dilakukan pada kartu nonregistrasi yang tidak menampilkan nama pengguna. Pelanggan tetap bisa membeli kartu versi registrasi dan pengguna kartu registrasi yang tidak dapat menggunakan kartunya karena rusak atau hilang.

Meski demikian kartu versi nonregistrasi masih dapat dibeli di wilayah Kota Aomori, Morioka, dan Akita yang mana layanan Pasmo dan Suica baru diluncurkan pada 27 Mei lalu. Untuk kartu Welcome Suica yang dijual untuk turis dan kadaluarsa setelah 28 hari tetap tersedia di bandara dan stasiun kereta api. Untuk layanan Pasmo dan Suica mobile tidak terpengaruh penghentian ini.

Hingga tahun 2021 sebanyak 200 juta kartu IC sudah diterbitkan di Jepang. Kartu Suica sendiri pertama kali diluncurkan JR East pada tahun 2001 lalu menyusul operator lainnya menerbitkan kartunya masing-masing. Selain untuk naik kereta api, kartu Suica dan Pasmo dapat digunakan untuk naik bus, berbelanja di minimarket, vending machine, dan retail lainnya. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×