Berita KAIndonesia

Dua Kecelakaan Dalam Sehari, KA Kuala Stabas dan Brantas Tabrakan Dengan Truk

Truk yang terbakar usai tabrakan antara KA Brantas dengan truk di Semarang | Foto: Istimewa

REDigest.web.id, 18/7 – Dua insiden tabrakan antara kereta api dan truk terjadi dalam sehari. Yang pertama terjadi di Lampung Utara yang melibatkan KA Kuala Stabas dan truk.

KA S8A Kuala Stabas relasi Tanjung Karang – Baturaja bertabrakan dengan truk pengangkut tebu di KM 81+0/1 petak antara Stasiun Blambangan Pagar dan Stasiun Kalibalangan pada Selasa (18/7) sore pukul 15.10. Tabrakan yang terjadi mengakibatkan lokomotif CC2018342 yang menarik rangkaian KA Kuala Stabas anjlok dan terguling.

Truk yang bertabrakan rusak parah usai bertabrakan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Proses evakuasi saat ini tengah dilakukan oleh pihak KAI.

Lokomotif penarik KA Kuala Stabas yang terguling usai bertabrakan dengan truk di Lampung Utara | Foto: Istimewa

Tabrakan kedua terjadi di Semarang, Jawa Tengah. KA 112 Brantas relasi Blitar-Pasar Senen bertabrakan dengan truk flat di kawasan Banjir Kanal Barat Semarang petak antara Stasiun Jerakah dan Stasiun Semarang Poncol pada pukul 19:32 WIB.

Dalam video amatir yang beredar di sosial media memperlihatkan detik-detik tabrakan. Truk terlihat tidak bergerak di perlintasan. KA Brantas yang datang seketika bertabrakan dengan truk. Terlihat kobaran api muncul saat KA Brantas bertabrakan dengan truk.

Warga di sekitar lokasi berusaha membantu evakuasi penumpang yang berada di kereta eksekutif 1. Meski tabrakan yang terjadi cukup dahsyat, namun beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini. Masinis dan asisten masinis berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke Banjir Kanal Barat. Seluruh penumpang KA Brantas berhasil dievakuasi.

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang diturunkan untuk memadamkan api yang membakar truk. Proses evakuasi pada lokomotif dan kereta eksekutif 1 KA Brantas beserta truk masih dilakukan oleh tim gabungan.

Akibat peristiwa ini sejumlah perjalanan KA di Lintas Pantura terhambat. KA yang terhambat di antaranya adalah KA 178 Kamandaka, KA 199F Kaligung, KA 111 Brantas, KA 129 Gumarang, dan KA 220 Kertajaya.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×