Berita KAInternasionalKereta Api

Kini Dengan Corak Jingga, Indian Railways Pamerkan Livery Terbaru Vande Bharat

Dua rangkaian Vande Bharat Express dengan livery baru dan lama di dalam pabrik ICF Chennai
Ilustrasi: Dua rangkaian Vande Bharat Express dengan livery baru pada rangkaian kiri. | Foto: Ashwini Vaishnaw via Twitter

REDigest.web.id, 20/7 – Vande Bharat Express, kereta rel listrik semi-cepat milik Indian Railways baru saja mendapatkan seragam terbarunya. Indian Railways, selaku pemilik kereta Vande Bharat mulai memamerkan livery kereta terbarunya pada 8 Juli yang lalu di pabrik Integral Coach Factory (ICF) di Chennai.

Livery Terbaru: Abu Gelap dan Jingga ‘Safron’

Selain itu, di dalam sebuah cuitan dari menteri perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw menunjukkan beberapa foto pada saat ia berkunjung di pabrik ICF Chennai dalam lawatan inspeksi. Di antara empat foto yang dibagikan, terdapat tiga foto yang menampilkan wajah dan seragam baru kereta bendera produksi India ini.

Sebelumnya, seluruh armada kereta Vande Bharat milik Indian Railways memakai livery yang sama. Setiap kereta memiliki warna dasar putih dengan garis biru di samping badannya. Selain itu, warna aksen biru tua turut mewarnai bagian sisi muka serta pintu kereta.

Rangkaian Vande Bharat Express dengan livery baru jingga saffron.
Ilustrasi: Rangkaian Vande Bharat Express dengan livery baru jingga safron. | Foto: Ashwini Vaishnaw via Twitter

Saat ini, Indian Railways mulai memasang livery terbarunya pada rangkaian kereta ke-28 sebagai kelinci percobaannya. Seperti yang terlihat di foto di atas, warna seperti abu-abu tua serta warna jingga ‘safron’ mendominasi eksterior kereta tersebut. Tak hanya warnanya yang mencolok, pola livery-nya yang terdiri atas garis-garis geometris memberi kereta tersebut sebuah kesan dinamis, modern, serta berani.

Motif Mengganti Livery: Agar Tidak Cepat Kotor

Vande Bharat Express
Ilustrasi: Livery Vande Bharat Express saat ini, terlihat dominan putih dengan aksen biru tua | Foto: Harshul12345, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Melansir dari situs Free Press Journal, sebuah sumber mengatakan alasan utama implementasi livery baru itu ialah untuk mempermudah perawatan. Walau livery saat ini tampak modern dan polos, warnanya yang dominan putih membuatnya cepat kotor dan berdebu. Oleh karena itu, Indian Railways memilih warna-warna yang lebih gelap seperti jingga dan abu-abu sebagai solusi permasalahan noda debu pada kereta.

Untuk rencana ke depannya, seluruh rangkaian baru Vande Bharat Express yang mendatang akan mulai memakai livery baru ini. Bila pihak kementerian perkeretaapian India menyetujuinya, penerapan livery baru itu dapat menjadi awal mula standarisasi. Indian Railways mengharapkan kereta Vande Bharat set ke-28 ini dapat menjadi tolak ukur dan standar baru perkeretaapian india. (RED/DS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×