Berita KAInternasionalKereta Api

Dorong Penggunaan Kereta Api, Perancis Naikkan Pajak Penerbangan

Ilustrasi: Rangkaian TGV-M yang dipamerkan pada 2022 lalu | Foto: Railway News

REDigest.web.id, 17/8 – Pemerintah Perancis secara resmi mengumumkan rencana kenaikan pajak penerbangan. Seperti dilansir dari Euronews, hal tersebut disampaikan oleh Menteri Transportasi Perancis Clément Beaune dalam wawancara dengan media Perancis, RMC. Ia mengatakan kebijakan untuk menaikkan pajak penerbangan dilakukan untuk mendorong penggunaan kereta api sebagai moda transportasi masyarakat. Beaune mengatakan banyak orang terkejut mengetahui harga tiket pesawat masih jauh lebih murah dari tiket kereta api.

Temuan serupa juga ditemukan di seluruh Eropa. Dalam laporan yang dirilis Greenpeace pada bulan lalu menunjukan kalau harga tiket kereta api lebih mahal dua kali lipat dari harga tiket pesawat. Laporan tersebut membandingkan harga tiket kereta api dan pesawat di 112 rute perjalanan termasuk 94 rute lintas batas. Dari laporan tersebut dapat ditarik kesimpulan kalau harga tiket pesawat jauh lebih murah dari tiket kereta api.

Salah satu penyebab harga tiket pesawat lebih murah dari kereta api adalah pajak yang dikenakan pada maskapai penerbangan lebih sedikit dari perusahaan kereta api. Sebagai contoh untuk rute Paris-Barcelona, maskapai penerbangan tidak dikenakan PPN dan pajak avtur, sementara perusahaan kereta api masih harus membayar pajak bahan bakar dan PPN.

Rencana kenaikan pajak ini pun mendapat penolakan dari asosiasi maskapai penerbangan Uni Eropa. Asosiasi menganggap kebijakan kenaikan pajak yang dilakukan Pemerintah Perancis telah melangkahi kebijakan Uni Eropa. Selain itu asosiasi menganggap kenaikan pajak ini tidak akan berdampak pada pendanaan program de-karbonisasi maupun investasi di bidang perkeretaapian. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×