Berita KAInternasional

Perusahaan KA Jerman Berencana “Suntik Mati” Kereta Tenaga Hidrogen

kereta bertenaga hidrogen
Kereta bertenaga hidrogen Alstom Coradia iLint | Foto: Patrik S/AFP, via Tempo

REDigest.web.id, 11/08 – Perusahaan kereta api milik Pemerintah Jerman, LNVG, berencana akan menyuntik mati kereta tenaga hidrogen. Seperti dikutip dari Quartz, LNVG sendiri berencana untuk beralih dari kereta tenaga hidrogen ke kereta tenaga baterai.

LNVG sendiri merupakan perusahaan pertama yang mengoperasikan kereta tenaga hidrogen. Kereta yang digunakan adalah Coradia iLint yang mulai diujicoba pada 2018 di wilayah Lower Saxony. Kereta tenaga hidrogen ini direncanakan akan menggantikan KRD yang beroperasi di wilayah ini.

LNVG sempat berencana untuk mengoperasikan kereta hidrogen pada Agustus 2022. Namun rencana ini dibatalkan oleh pihak perusahaan karena sejumlah alasan. Di antaranya adalah kereta tenaga hidrogen yang akan dioperasikan memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak baru untuk dapat beroperasi.

Selain itu jumlah masinis yang memiliki brevet untuk mengoperasikan kereta tenaga hidrogen sangat sedikit. Ditambah sulitnya melakukan pengisian ulang hidrogen saat musim dingin. Masalah yang dihadapi membuat Pemerintah Lower Saxony memutuskan untuk menyuntik mati program kereta hidrogen dan menggantinya dengan kereta tenaga baterai.

Saat ini terdapat 14 unit kereta tenaga hidrogen yang beroperasi melayani rute Cuxhaven-Buxtehude. Rencananya Pemerintah Lower Saxony akan memesan sebanyak 102 unit kereta tenaga baterai yang rencananya akan mulai beroperasi pada 2029 serta 27 unit KRL. Ditargetkan KRD tak lagi beroperasi pada 2037 mendatang.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×