Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta CepatUjicoba

Segera Beroperasi, Kereta Cepat Akan Jalani Uji Coba Selama Sebulan

Sarana Kereta Cepat
Ilustrasi: Rangkaian Kereta Cepat | Foto: KAI

REDigest.web.id, 29/8 – Sebagai moda transportasi baru di Indonesia, tentu kereta api cepat harus melalui serangkaian uji coba agar terjamin keandalan dan keamanannya. Terlebih perjalanan kereta api dalam kecepatan tinggi harus memiliki standar keselamatan yang tinggi juga. Kesiapan pelayanan di stasiun dan kereta juga dapat kita ketahui dengan adanya proses uji coba.

Selama bulan September, PT KCIC akan melakukan uji coba dengan penumpang tanpa perlu membayar atau gratis. Melansir dari Antara, tersedia empat perjalanan dari Bandung dan empat perjalanan dari Jakarta selama uji coba. Jumlah penumpang uji coba terbatas dengan mengutamakan warga yang terdampak di sepanjang jalur kereta cepat.

“Dalam satu rangkaian ada 600 kursi, pada saat uji coba nanti kita kuotakan 500 sampai 550 kursi per rangkaian kereta dan itu sudah termasuk bagi warga terdampak di sepanjang jalur kereta cepat yang diutamakan untuk merasakan KA cepat,” kata GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8).

Sebelumnya KCIC telah melakukan pendataan bagi warga sekitar pinggir rel kereta untuk mendapatkan undangan mengikuti uji coba. Sementara untuk masyarakat umum lainnya dapat mengikuti uji coba dengan melalukan pendaftaran terlebih dahulu. Uji coba ini bertujuan untuk semakin mengenalkan kereta api cepat pada masyarakat.

“Jadi lebih untuk mengenalkan, karena untuk kelayakan itu sudah dilakukan sebelum uji coba operasi dengan penumpang, baik itu kereta penumpang maupun kereta inspeksi dari berbagai sisi, baik itu prasarana dari sarana, kemudian sejauh ini tidak ada kendala khusus dalam uji coba karena memang sebenarnya yang kita bawa ini 100 persen murni hal yang sudah dioperasikan di negara asalnya. Terlebih kereta yang ada di Indonesia ini teknologi terbaru,” kata Eva. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×