Berita KAIndonesiaKereta ApiLRT Jabodebek

Selamat Beroperasi Komersial LRT Jabodebek!

Prosesi peresmian LRT Jabodebek di Stasiun Cawang | Foto: Sekretariat Presiden

REDigest.web.id, 28/8 – Penantian peresmian LRT Jabodebek pun kini berakhir sudah. Pasalnya mulai Senin (28/8) ini LRT Jabodebek pun resmi beroperasi secara komersial. Operasi komersial dari LRT Jabodebek ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, lebih terkenal sebagai Jokowi pada pukul 09.00 tadi.

Melansir dari Detik, sebelum peresmian rombongan Presiden Jokowi didampingi Iriana Widodo beserta sejumlah menteri menaiki LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti di Cibubur pada pukul 08.21 tadi. Turut hadir adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan sejumlah menteri dan pejabat tinggi lainnya.

Proses Peresmian

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan LRT Jabodebek | Foto: Sekretariat Presiden

Di Stasiun Cawang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan terlebih dahulu. Mengutip dari live streaming Sekretariat Presiden, Budi Karya Sumadi mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo yang “memberikan inspirasi besar bagi angkutan publik perkotaan modern dan maju”. Ia menambahkan “berkat kepemimpinan dan keberanian Beliau setelah kita mulai MRT-Mass Rapid Transit-Moda Raya Terpadu, dan sebentar lagi menggunakan, atau meresmikan Kereta Cepat antara Jakarta dan Bandung”.

Budi juga mengatakan ” LRT Jabodebek adalah satu Citra atau upaya kita mencapai ramah lingkungan, tetapi juga mengutamakan safety dan layanan. Yaitu sudah terintegrasi ke berbagai transportasi ibukota dan sekitarnya. Yaitu KRL, lalu BRT atau bus, lalu nanti sekarang juga sudah ada MRT dan Jaklingko hingga nantinya integrasi ini dapat juga mencapai Bandung”. Ia juga berharap “konsep ini akan menjadi suatu pola bagi pengembangan kota-kota di seluruh Indonesia”. Ia juga mengatakan LRT Jabodebek sebagai “wujud modernisasi kereta api dengan teknologi mumpuni”, dan menekankan “kita harus bangga karena ini dikerjakan oleh anak bangsa”. Ia pun menutup sambutan ini dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan pegiat transportasi.

Setelah Budi Karya, kini Presiden Jokowi juga memberikan sambutannya. Dalam sambutan ini, Jokowi mengatakan “DKI Jakarta selalu masuk dalam sepuluh kota yang termacet di dunia”. Ia menambahkan “masuk 996 ribu kendaraan ke Jakarta setiap harinya. Oleh sebab itu, macet, polusi… Juga selalu ada di Jakarta. Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT, KRL, TransJakarta, BRT, Kereta Bandara. Agar masyarakat semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal… Memang tidak mudah”.

Jokowi mencontohkan “…MRT meskipun setiap hari penuh, tetapi kapasitas yang kita inginkan setiap hari 180.000 penumpang. Akan tetapi masih 80.000, masih ada kapasitas yang belum terisi”. Ia menambahkan “Alhamdulillah hari ini LRT sudah siap dioperasikan baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km dan menghabiskan anggaran 32,6 triliun Rupiah.” Jokowi berharap “masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya, sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari, dan polusi bisa kita kurangi”.

Presiden Joko Widodo meresmikan LRT Jabodebek dengan melakukan tap in simbolis | Foto: Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi kemudian meresmikan LRT Jabodebek ini dengan menguapkan basmallah dan melakukan tap in secara simbolis. Segera setelah itu, sirine dan klakson LRT Jabodebek pun berbunyi.

Bagaimana Cara Membayar dan Jadwal LRT Jabodebek?

Ilustrasi: Rangkaian LRT Jabodebek
Ilustrasi: Rangkaian LRT Jabodebek | Foto: Rizki Fajar Novanto

Bagi para pembaca yang ingin menaiki moda LRT Jabodebek, moda ini dapat menerima sejumlah metode pembayaran. Di antaranya adalah menggunakan Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), KMT KAI Commuter, Scan Qris Link Aja dan KAI PAY. Jika pembaca kehabisan saldo ataupun tidak membawa kartu uang elektronik, tersedia 2 unit Ticket Vending Machine untuk top up kartu uang elektronik dan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun. Sedangkan tarifnya sendiri untuk saat ini adalah flat Rp5.000.

Sayangnya, untuk jadwal LRT Jabodebek untuk saat ini belum ada informasi selengkap jadwal KRL Commuter Line. Bahkan informasi yang beredar berbeda-beda semuanya dari pihak KAI. Pasalnya, akun Instagram @keretaapikita mengatakan hingga pukul 23.30. Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, LRT saat ini hanya akan beroperasi sampai pukul 20.00 WIB.

Untuk jadwal Senin (28/8) ini sendiri sangat terbatas, yakni hanya dari 14.00 sampai dengan 17.48, dengan akun Instagram LRT Jabodebek belum mengumumkan jadwal terbaru. Menurut informasi terkini dari petugas lapangan yang rekan Tim REDaksi tanyakan, hal ini berlangsung selama sebulan. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Selamat Beroperasi Komersial LRT Jabodebek!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×