Berita KABeroperasi KembaliIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Seri 6000 Rangkaian 6107F Kembali Beroperasi Setelah P48 Dengan Stamformasi “Mutan”

6107F P48
Rangkaian 6107F setelah P48 di Stasiun Cawang. Tampak kereta yang “mutan” alias belang-belang. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 11/9 – Setelah menjalani kegiatan Perawatan 48 Bulanan (P48), KRL seri 6000 rangkaian 6107F kembali beroperasi pada Minggu (10/9) kemarin. Dalam pengoperasian kembali setelah P48, ternyata rangkaian ini menyimpan kejutan dengan stamformasi “mutan” miliknya.

Ya, pasalnya seperti yang tampak pada foto pembuka halaman, tampak rangkaian yang susunannya belang-belang. Hal ini disebabkan oleh adanya pertukaran kereta pada rangkaian ini. Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi terima, terdapat dua kereta yang bertukar posisinya. Keduanya adalah kereta 6407 dan 6607 yang bertukar dengan kereta 6426 dan 6611. Kereta ini berasal dari rangkaian 6126F dan 6111F yang sudah sangat lama tidak beroperasi.

Kereta eks 6611 yang menempati posisi kereta 6607 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy
Kereta eks 6426 yang menempati posisi kereta 6407 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Pertukaran ini jelas menimbulkan perbedaan yang sangat mencolok, khususnya pada kereta 6426. Pasalnya secara eksterior, Tampak jenis kaca jendela dan kaca pintu yang sangat berbeda di antara kereta lain pada rangkaian ini.  Selain itu, tampak bekas penukaran ini berupa noda di sekeliling pelat nomor. Selain itu, pelat nomornya juga sudah bertukar sehingga menampilkan 6407 dan 6607, seolah-olah kereta ini berurutan sebagai rangkaian 6107F. Belum ada informasi mengapa pertukaran kereta ini terjadi.

Sedangkan secara interior, sambungan pada kereta 6307 ke kereta 6426 ini mendapat modifikasi agar kompatibel. Akibatnya, sambungan “jamur” ini pun bertemu dengan dinding biasa. Kedua hal ini diakibatkan perbedaan usia yang sebenarnya sangat jauh. Rangkaian 6107F beroperasi sejak 1971, sedangkan rangkaian 6126F baru beroperasi sejak 1981.

Sambungan jamur pada 6307 bertemu dengan sambungan biasa pada 6426 | Foto: Naufal
Sambungan jamur pada 6415 bertemu dengan sambungan biasa pada 6313 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Pertukaran seperti ini pun sebenarnya bukan yang pertama kali pada rangkaian 6107F. Pasalnya, adaptasi sambungan jamur dengan sambungan biasa sudah pernah KAI Commuter lakukan pada rangkaian 6115F. Kereta 6315 dan kereta 6515 bertukar dengan kereta 6313 dan 6513 akibat insiden kebakaran di dekat Stasiun Tanah Abang. Akibat perbedaan tipe sambungan, alhasil modifikasi serupa pun juga terjadi. Selain itu, kereta 6507 juga sejatinya adalah kereta 6506 yang telah bertukar sejak beberapa tahun silam. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×