Berita KAIndonesiaKereta Api

Cihuy! Lokomotif CC2018348 Kembali Jadi R&B

Lokomotif CC2018348 yang catnya dikembalikan ke merah-biru alias R&B. | Foto: Giovanni Takahiro, via Facebook

REDigest.web.id, 15/11 – Pecinta kereta api di Yogyakarta dan Facebook saat ini tengah dihebohkan dengan penampilan lokomotif CC2018348. Bukan hanya karena bentuk hidungnya yang miring seperti CC203, tapi setelah sebelumnya menggunakan livery putih lokomotif ini kembali menggunakan livery merah-biru alias R&B seperti ketika beroperasi di Divre 3 dahulu.

Dikembalikannya livery merah-biru dilakukan setelah lokomotif ini menjalani perawatan di Balai Yasa Pengok. Sontak kembalinya livery lama lokomotif ini menghebohkan jagat pecinta kereta api. Penampakan publik lokomotif CC2018348 dengan livery lamanya ini terlihat dalam uji coba yang dilakukan pada Rabu (15/11) pagi.

Lokomotif ini menjalani uji dinamis dari Lempuyangan hingga Purwosari dan kembali lagi. Dari Lempuyangan lokomotif berjalan bersama KA 242 Sri Tanjung. Setelah berhenti cukup lama di Purwosari, lokomotif ini kembali ke Lempuyangan dengan berjalan sendiri alias seruntulan.

Lokomotif CC2018348 yang berangkat ke Purwosari bergandengan dengan KA 242 Sri Tanjung | Foto: Giovanni Takahiro, via Facebook

Dikembalikannya livery merah-biru ini membuat para pecinta kereta api bernostalgia saat lokomotif ini tiba di Pulau Jawa pada 2012 sebelum akhirnya diubah ke livery putih pada 2014. Meski demikian, sejumlah pecinta kereta api menyoroti kesalahan yang muncul di livery kereta terutama di bagian kanan kereta yang mana garis diagonal merah-biru terbalik.

Livery RnB
Contoh foto referensi livery merah-biru alias RnB di sisi kanan | Foto: Joachim Lutz, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

Dari informasi yang diperoleh Tim REDaksi, kesalahan pada livery di sebelah kanan lokomotif akan diperbaiki setelah uji coba selesai. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×