Berita KAIndonesiaInternasionalKAI CommuterKereta Api

Grup KAI Pastikan Kerja Sama dengan JR East Berlanjut

Ilustrasi: KRL seri 205 rangkaian HaE 15 (kini BOO123+54) di Stasiun Cawang saat baru berdinas di Indonesia, 2013 | Foto: RED/Gilang Fadhli Dharana

REDigest.web.id, 29/11 – Grup KAI, yakni KAI dan KAI Commuter secara resmi memastikan kerja sama dengan JR East berlanjut. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan JR East di Tokyo, Jepang pada Senin (27/11).

Melansir dari rilis resmi KAI, MoU ini ditandatangani oleh Direktur SDM dan Umum KAI Suparno, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters JR East Shunzo Miyake. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Komisaris Utama KAI Said Aqil Siroj juga menyaksikan prosesi ini.

Dalam acara ini, Grup KAI menandatangani nota kesepahaman kerja sama dalam bidang usaha perkeretaapian dan nonperkeretaapian. Ruang lingkup nota kesepahaman ini sendiri terdiri atas pendidikan dan pelatihan, pengembangan berorientasi transit, pertukaran sumber daya manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian, serta bidang lainnya yang terkait.

Direktur Utama KAI mengatakan nota kesepahaman ini adalah pembaruan dari kerja sama yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. KAI bersinergi dengan JR East yang terkenal akan reputasi yang baik dari segi keselamatan, pelayanan, dan ketepatan waktu.

“Nota kesepahaman ini merupakan pembaruan dari kerja sama yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. KAI Group terus bersinergi dengan perusahaan kelas dunia, salah satunya JR East yang berpengalaman di bidang perkeretaapian Jepang dengan reputasi yang sangat baik untuk keselamatan, pelayanan, dan ketepatan waktu,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Rangkaian BUD143 sedang dalam proses perawatan akhir lengkap, 2017 | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Ruang lingkup MoU antara KAI Group dan JR East tersebut meliputi pendidikan dan pelatihan, pengembangan berorientasi transit, pertukaran sumber daya manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian, serta bidang lainnya yang terkait.

Sejak November 2013 sendiri KAI Commuter semasa masih bernama KAI Commuter Jabodetabek memang telah menjalin kerja sama dengan JR East. Tidak hanya dalam rangka pembelian KRL seri 205 saja, kerja sama ini mencakup transfer keahlian perawatan sarana, dan juga pengadaaan suku cadang. Bahkan pada September 2021 silam, KAI Commuter mendapat penghargaan oleh JR East atas pengoperasian KRL seri 205. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×