Berita KAInternasionalKereta Api

Kereta Stadler Flirt Akku Resmi Beroperasi Di Jerman

Kereta FLIRT Akku milik NAH.SH | Foto: Railway Gazette

REDigest.web.id, 12/11 – Seiring dengan terus naiknya angka polusi, kebutuhan akan transportasi ramah lingkungan merupakan hal yang mutlak. Namun, tidak mendukungnya prasarana kerap menjadi alasan sulitnya beralih dari mesin pembakaran konvensional. Terus berkembang dan banyaknya inovasi memecahkan permasalahan ini, seperti hadirnya kereta dengan penggerak hybrid.

Mengutip Railway Gazettekereta hybrid pertama yang dipesan oleh otoritas transportasi Schleswig-Holstein, NAH.SH, telah beroperasi di rute RB76 pada tanggal 1 Oktober. Rute tersebut melayani Kiel-Oppendorf, dan selanjutnya rute Kiel–Lübeck–Lüneburg mulai tanggal 22 Oktober. Kereta hybrid tersebut adalah Stadler FLIRT Akku, dengan Erixx Holstein sebagai operatornya. 

Terdapat total 55 unit FLIRT Akku yang akan beroperasi di daerah tersebut dengan bertahap hingga pertengahan 2024. Operator Erixx Holstein sendiri akan mengoperasikan 26 unit kereta. Kontrak FLIRT Akku sendiri mencakup pemeliharaan selama 30 tahun. Untuk itu, Stadler membangun bengkel khusus di Rendsburg dengan biaya €30 juta yang akan beroperasi pada musim semi 2024.

Skema operasi kereta FLIRT Akku | Foto: Situs web Stadler

Mengutip situs Stadler, FLIRT Akku merupakan varian baterai-listrik dari seri kereta FLIRT, yang merupakan seri kereta terlaris sejak tahun 2017. FLIRT Akku adalah kereta bertenaga baterai pertama  buatan Stadler yang klaimnya mampu menjelajah hingga 150km dengan tenaga baterai. Bahkan pada Desember 2021, FLIRT Akku memecahkan rekor dunia untuk perjalanan terpanjang menempuh jarak 224 kilometer dengan mode baterai murni. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×