Berita KAIndonesiaKereta ApiMRT Jakarta

Presiden JICA Kunjungi MRT Jakarta

Ilustrasi: Rangkaian MRT Jakarta di Stasiun Lebak Bulus | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 1/7 – Tidak terasa MRT Jakarta (MRTJ) telah 4 tahun resmi melayani masyarakat. Sebagai proyek yang mendapat bantuan Jepang dalam perealisasiannya, tentu MRTJ kerap mendapat kunjungan kenegeraan dari petinggi Negeri Sakura tersebut. Jika bulan Juni lalu Kaisar Naruhito yang mengunjugi MRTJ, pada tanggal 29 Oktober lalu giliran Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) yang datang berkunjung.

Melalui akun X (Twitter) MRTJ, Dr. Akihiko Tanaka selaku Presiden JICA berkesempatan meninjau area bengkel (workshop) dan kamaniti (inspection shed) kereta. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Akihiko Tanaka terkesan terlebih dalam waktu yang singkat MRTJ telah menjadi world class operator. Sebagai sosok yang mengikuti proses kehadiran MRTJ sejak 12 tahun lalu, ia merasa seperti melihat anak yang telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kedatangan rombongan di Depo MRT Lebak Bulus mendapat sambutan langsung dari Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat beserta jajarannya. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan penuh Pemerintah Jepang melalui JICA. Pihak direksi juga menjelaskan sejarah dan perkembangan terbaru konstruksi fase 2 MRTJ.

Mengutip Antara, dalam kunjungan tersebut juga dibahas rencana pembangunan MRT fase 3. Dalam hal ini, Tuhiyat menerangkan perlunya percepatan proses, namun bukan percepatan groundbreaking. Proses tersebut meliputi pinjaman (loan), permintaan (official request mission) dan sebagainya terlebih Jepang menjadi investor utama dalam proyek tersebut. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×