Berita KAInternasionalKereta Api

Singapura Perlihatkan Pusat Uji Coba Kereta Apinya

Rangkaian KRL baru MRT Singapore saat melakukan uji coba di Singapore Rail Test Centre
Rangkaian KRL baru MRT Singapore saat melakukan uji coba di Singapore Rail Test Centre | Foto: CNA

REDigest.web.id, 14/11 – Pemerintah Singapura memperlihatkan kepada publik pusat uji coba sarana kereta api miliknya pada 2 November lalu. Seperti dilansir dari CNA, pusat uji coba sarana ini dibangun di lahan seluas 50 hektare di kawasan Tuas, utara Singapura.

Seperti dikutip dari Railway Gazette, proyek pusat uji coba ini terdiri atas 2 fase yakni fase 1 pembangunan jalur uji kecepatan tinggi sepanjang 3 kilometer dan fase 2 yang terdiri atas 3 kilometer jalur uji performa yang dilengkapi dengan tanjakan terjal, 2,8 kilometer jalur integrasi sistem untuk menguji integrasi sistem kereta dengan persinyalan, gedung administrasi, pusat kendali, dan balai yasa untuk perawatan sarana.

Jalur uji ini juga dilengkapi dengan sumber tegangan listrik aliran atas (LAA) dan listrik aliran bawah (LAB). Jadi nantinya sarana kereta api baru yang akan beroperasi di Singapura terlebih dahulu menjalani uji coba di sini.

Kereta pertama yang menjalani uji coba di sini adalah rangkaian KRL buatan Alstom yang akan dioperasikan di Circle Line 6. Jalur uji yang dibangun Pemerintah Singapura ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Rancang bangun pusat uji coba sarana kereta api Singapura | Foto: CNA

Menteri Transportasi Singapura Chee Hong Tat mengatakan pembangunan jalur uji di Singapura ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Singapura pada jalur uji di luar negeri.

Selain itu jalur uji dibuat supaya uji dinamis rangkaian kereta baru tidak dilakukan di lintas utama yang bisa berdampak pada layanan kereta serta memperpanjang waktu perawatan jalur karena biasanya uji coba dilakukan pada dini hari.

Selain itu Che berharap adanya jalur uji ini juga dapat membuat industri serta SDM perkeretaapian di Singapura lebih baik. Ia juga berharap jalur uji ini juga dapat digunakan oleh industri kereta api luar negeri untuk uji coba produk mereka sebelum dipasarkan. Rencananya jalur uji ini akan sepenuhnya rampung pada 2025 mendatang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×