Aviasi

Membawa Pesumo, Pesawat Japan Airlines Batal Terbang Dan Tambahkan Penerbangan Spesial

Pesawat Japan Airlines
Ilustrasi: pesawat Japan Airlines dari Tokyo yang telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 4/11 – Penerbangan pesawat bila terjadi pembatalan penerbangan umumnya diakibatkan oleh faktor gangguan pada pesawat itu sendiri, cuaca buruk seperti kabut intensitas tebal, atau terjadi penggeseran dan penggabungan jadwal dengan penerbangan lain. Namun di kasus kali ini sebuah pesawat batal berangkat bukan karena faktor-faktor tersebut, melainkan karena penumpangnya yang melebihi berat di atas rata-rata.

Ialah Japan Airlines (JAL), maskapai penerbangan asal Jepang yang pada Kamis, 12 Oktober 2023 lalu membawa puluhan penumpang, termasuk beberapa pesumo dari Bandara Haneda Tokyo menuju Bandara Amami di Pulau Amami Oshima, Prefektur Kagoshima untuk menghadiri Festival Olahraga Nasional. Saat menjelang menit-menit terakhir, pesawat tersebut  batal berangkat dan tidak jadi terbang.

Bersumber dari Yahoo News Japan, usut punya usut ternyata penyebabnya berasal dari para pesumo, di mana berat pesumo tersebut memiliki bobot rata-rata 120 kg, jauh di atas berat rata-rata penumpang biasa yang hanya 70 kg. Akibatnya para pesumo dipindahkan ke penerbangan lain sambil menunggu keputusan berikutnya dari Japan Airlines.

Pesawat Japan Airlines
Logo pesawat Japan Airlines dengan siluet berupa burung bangau (Tsurumaru). | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Juru Bicara maskapai Japan Airlines menjelaskan selain kelebihan muatan akibat berat badan pesumo, juga terdapat kekhawatiran kapasitas bahan bakar pada pesawat, mengingat pesawat yang digunakan merupakan pesawat kecil seri 737 dengan daya jelajah yang pendek. Selain itu penerbangan ke Amami diakses menggunakan pesawat kecil karena bandara yang ada di pulau tersebut tidak mampu menerima pesawat besar seperti seri 787 atau sejenisnya.

Diketahui terdapat 27 pesumo yang berangkat menuju Amami, di mana 14 pesumo di antaranya berangkat dari Bandara Itami Osaka dan 13 pesumo dari Bandara Haneda Tokyo. Setelah itu pihak Japan Airlines memberangkatkan penerbangan khusus membawa 14 pesumo dari Itami ke Haneda dan bertemu dengan pesumo lainnya.

Berikutnya Japan Airlines kembali memberangkatkan penerbangan spesial yang mengangkut ke 27 pesumo tersebut dari Tokyo ke Fukuoka dan dilanjutkan dengan penerbangan berikutnya dari Fukuoka ke Amami. Dan penerbangan spesial Japan Airlines arah sebaliknya yang membawa rombongan pesumo tersebut juga dijalankan setelah Festival Olahraga Nasional di Amami selesai pada tanggal 15 Oktober 2023. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×