Berita KADebutKAI CommuterKereta Api

Peningkatan Kecepatan Lin Bogor, KAI Commuter Rilis Jadwal Baru

Ilustrasi: KRL Commuter Line Lin Bogor di Stasiun Bojonggede | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 2/11 – Mulai November ini, perjalanan KRL Commuter Line pembaca tampaknya akan dapat sedikit lebih cepat. Pasalnya, KAI Commuter mulai Rabu (1/11) kemarin melakukan peningkatan kecepatan di Lin Bogor. Peningkatan kecepatan ini menyusul langkah serupa yang telah berlangsung pada Mei tahun lalu untuk Lin Cikarang.

Melansir dari rilis resminya, KAI Commuter melakukan peningkatan kecepatan KRL Lin Bogor dari 70 km/jam menjadi 80 km/jam. Pihaknya pun mengklaim terjadi pengurangan waktu tempuh KRL Commuter Line Lin Bogor secara signifikan. Misalnya Bogor-Jakarta Kota yang semula memakan waktu rata-rata 92 menit menjadi 85 menit. Sedangkan untuk Bogor-Manggarai yang awalnya memakan waktu rata-rata 70 menit menjadi hanya 62 menit saja.

Salah satu rekan Tim REDaksi sendiri telah mencoba membuktikan peningkatan kecepatan ini. Seperti misalnya di ruas Citayam-Lenteng Agung, di mana rekan Tim REDaksi menilai ada peningkatan kecepatan. Waktu tempuh KRL yang biasa mencapai 22 menit kini ditempuh hanya dalam waktu 20 menit saja. Sementara itu, jadwal KRL untuk jadwal Citayam-Lenteng Agung saat ini memiliki rata-rata waktu tempuh 19 menit.

Untuk para pembaca ketahui, dengan jadwal baru ini juga pola operasi Bogor/Bojonggede/Cilebut/Depok-Jakarta Kota dan Bogor/Depok-Manggarai mengalami perubahan juga. Untuk nomor jadwal Bogor/Depok-Manggarai pp kini memiliki awalan nomor 10xx (misal: 1001, 1003, dan seterusnya). Sementara untuk Bogor/Bojonggede/Cilebut/Depok-Jakarta Kota memiliki awalan nomor mulai dari 11xx, 12xx, dan seterusnya.

Akan tetapi, perubahan jadwal ini juga membawa masalah baru. Terdapat dua bagian jawal KA yang memiliki selisih sekitar 20 menit. Untuk Jakarta Kota-Bogor, jeda 25 menit terjadi pada KA 1280B (14.21) ke 1286B (14.46), di mana ada dua KRL yang melayani hanya Manggarai-Bogor. Sedangkan jeda 19 menit terjadi pada KA 1308B (15.52) hingga KA 1314B (16.11). (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Peningkatan Kecepatan Lin Bogor, KAI Commuter Rilis Jadwal Baru

  • abangaseng

    Not only is the culinary delights delicious, but the natural tourism is also beautiful
    really sting” just perfect
    We also have to ensure that nature is preserved
    For other culinary information, you can visit our website
    https://kulinerekstrim.com/

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×