Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Commuter Rilis Jadwal Lengkap Pola Operasi Baru, Simak Penjelasannya!

Lin Cikarang (Cikarang/Bekasi-Angke/Kampung Bandan pp, Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Angke, dan Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Pasar Senen)

Mulai 28 Mei, KRL Commuter Line dari/ke Bekasi dan Cikarang akan terlayani di jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai ke/dari Angke dan Kampung Bandan, tidak lagi ke/dari Jakarta Kota | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Pada jadwal pola operasi baru KRL Commuter Line, Lin Cikarang akan berubah relasi menjadi melingkar dengan dua jenis layanan dan tiga relasi. Kedua jenis layanan adalah half racket dengan relasi Cikarang/Bekasi-Angke/Kampung Bandan pp, dan full racket dengan relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Angke dan Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Pasar Senen.

Untuk Lin Cikarang yang selama ini melayani relasi Bekasi/Cikarang-Jakarta Kota pp via Manggarai akan berhenti beroperasi. Pengguna KRL dari Cikarang atau Bekasi menuju Sudirman, Tanah Abang, Duri, Angke, dan Kampung Bandan kini tidak lagi harus transit di Stasiun Manggarai. Namun pengguna KRL dari Cikarang atau Bekasi menuju Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai dengan naik dari jalur 6 atau 7 ke jalur 10 atau 11, ataupun Kampung Bandan dengan naik dari jalur bawah ke jalur 4.

Perjalanan KRL di Lin Cikarang

Menghadapi switch over ke-5 Stasiun Manggarai, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melakukan inspeksi meninjau kesiapan Stasiun Manggarai | Foto: Satoshi Takagi

Rincian nomor perjalanan KA dari Lin Cikarang mulai 28 Mei adalah sebagai berikut:

  • 5xxx: half racket relasi Cikarang/Bekasi-Angke/Kampung Bandan pp)
  • 55xx: full racket relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Angke)
  • 6xxx: full racket relasi Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Pasar Senen)

Cara membaca: KA 55xx ganjil melayani perjalanan Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Angke. Sedangkan KA 55xx genap melayani perjalanan Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Angke. Sementara itu KA 6xxx ganjil melayani perjalanan Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan via Pasar Senen. Terakhir KA 6xxx genap melayani perjalanan Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang via Pasar Senen.

Dua nomor KA 55xx dan 6xxx yang berimpitan ganjil-genap di Kampung Bandan merupakan perjalanan yang sama. Misalnya KA 5502 sifatnya meneruskan perjalanan KA 5501 dari Kampung Bandan menuju arah Jatinegara. Ataupun KA 6036 sifatnya meneruskan perjalanan KA 6035 dari Kampung Bandan menuju arah Tanah Abang.

Perjalanan yang sama ini memungkinkan satu rangkaian KRL memiliki tujuan asli Cikarang-Kampung Bandan-Cikarang, baik searah jarum jam lewat Manggarai-Tanah Abang maupun berlawanan arah jarum jam lewat Pasar Senen.

Selain itu, Stasiun Matraman (MTM) saat ini masih belum beroperasi. Agar lebih mudah memahami skema layanan dari KRL Lin Cikarang, berikut peta yang KAI Commuter sampaikan:

Skema Lin Cikarang pelayanan full racketCatatan: Stasiun Pasar Senen arah Bekasi/Cikarang berjalan langsung (tidak berhenti) | Foto: KAI Commuter, arah panah ditambahkan oleh Tim REDaksi
Skema pelayanan half racket antara Cikarang/Bekasi-Angke/Kampung Bandan pp | Foto: KAI Commuter

Perubahan Jadwal Lin Cikarang

KRL Commuter Line di Stasiun Cikarang di luar jam sibuk pada siang hari akan mengalami pengurangan frekuensi yang signifikan mulai 28 Mei, berbeda dengan Lin Bogor yang hanya sampai sejauh 15 menit | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Dengan perubahan pola pelayanan ini, headway untuk Lin Cikarang akan menjadi terbagi tiga. Headway untuk Lin Cikarang layanan half racket adalah sekitar 5-15 menit pada jam sibuk di antara Bekasi-Angke pp, dan hingga 30-40 menit di luar jam sibuk. Untuk headway antara Cikarang-Bekasi pp sendiri bisa mencapai 10-30 menit di jam sibuk. Di luar jam sibuk, headway antara Cikarang-Bekasi pada beberapa jadwal bisa mencapai 60 menit.

Hal ini berpotensi menjadi penurunan kualiats pelayanan, karena jadwal yang berlaku sekarang memiliki headway maksimal adalah 40 menit di luar jam sibuk untuk Bekasi-Cikarang. Sedang untuk Angke-Manggarai yang berlaku sekarang, headway maksimal adalah  20 menit.

Headway 120 menit

Sedangkan untuk Lin Cikarang layanan full racket memiliki headway yang sangat bervariasi. Headway tersebut bisa dari 10 hingga 60 menit baik untuk KRL dari Bekasi ataupun dari Cikarang. Bahkan untuk layanan full racket via Pasar Senen, antara jam 11 hingga jam 1 siang memiliki headway 120 menit (!). Headway selama ini ada antara KA 6035 (11.16 dari Bekasi, 12.08 dari Kampung Bandan menuju Angke) dan KA 6045 (13.20 dari Bekasi, 14.08 dari Kampung Bandan menuju Angke).

Jadwal jauh perubahan pola operasional
Jadwal dengan sela hingga 120 menit setelah perubahan pola operasional KRL Commuter Line pada relasi Jatinegara-Pasar Senen-Kampung Bandan akibat pembatalan banyak KA mulai 28 Mei | Sumber: KAI Commuter

Hal ini jelas merupakan penurunan kualitas yang sangat besar karena pada jadwal yang berlaku sekarang, setidaknya dari Jatinegara ke Pasar Senen pasti ada KRL Lin Lingkar dengan headway 30 menit.

Selain itu, kecepatan maksimum yang KAI Commuter klaim untuk lintas Jatinegara-Cikarang adalah 95 km/jam, sesuai dengan rilis pers DJKA. Sementara itu, kecepatan maksimum lintas Jatinegara-Kampung Bandan tetap 70 km/jam, Kampung Bandan-Tanah Abang 50 km/jam, dan Tanah Abang-Manggarai 60 km/jam.

Meski demikian, target pengurangan waktu tempuh tidak terlalu signifikan. Hal ini tampak dari beberapa perbandingan jadwal sebagai berikut:

Perbandingan antara dua jadwal KRL Commuter Line dari Jatinegara ke Cikarang. Tim REDaksi menyusun berdasarkan jadwal yang sebisa mungkin tidak ada persusulan | Sumber data: KAI Commuter

Untuk jadwal pertama dan terakhir dari setiap layanan Lin Cikarang adalah sebagai berikut:

Jadwal KRL pertama (atas) dan terakhir (bawah) Lin Cikarang mulai 28 Mei. Keterangan: JAKK = Jakarta Kota. | Sumber data: KAI Commuter

Tersedia hanya dua pemberangkatan KRL Lin Cikarang menuju Jakarta Kota dan tiga pemberangkatan KRL Lin Cikarang dari Jakarta Kota pada pola operasional baru ini. Berikut jadwalnya:

Jadwal KRL Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang setelah 28 Mei. Seluruh perjalanannya melewati Pasar Senen, bukan Manggarai.| Sumber data: KAI Commuter

Transit dari KA Lokal ke KRL di Cikarang dan Sebaliknya

Perubahan pola operasi KRL Commuter Line ini juga berimbas ke perubahan jadwal persambungan (transit) KA Lokal ke KRL di Cikarang dan sebaliknya dengan jadwal baru. Berikut jadwalnya:

Transit KA Lokal ke KRL Commuter Line di Stasiun Cikarang mulai 28 Mei | Sumber data: KAI Commuter
Transit KRL Commuter Line ke KA Lokal di Stasiun Cikarang mulai 28 Mei | Sumber data: KAI Commuter

Demikian penjelasan jadwal KRL setelah perubahan pola operasi. Informasi ini akurat berdasarkan data yang KAI Commuter umumkan pada Selasa (24/5). Pembaca untuk dapat mengatur kembali perjalanannya, khususnya di Lin Cikarang yang pada siang hari memiliki headway sangat jauh. (RED/IHF)

Halaman sebelumnya: Lin Bogor

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

One thought on “KAI Commuter Rilis Jadwal Lengkap Pola Operasi Baru, Simak Penjelasannya!

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×