Fakta KATeknis

Keikyu Pasang Jendela “Kecil” di Bangku Ratapan KRL Barunya

Jendela yang ditempatkan di bangku ratapan KRL Keikyu seri 1000-1890 | Foto: Keikyu

REDigest.web,id – Naik kereta api dan mendapatkan bangku ratapan bagi banyak orang memang sangat menyebalkan. Selain karena bayar tiket yang mahal, pembaca mendapatkan bangku yang tidak ada jendelanya sehingga pembaca pun tentu tidak dapat melihat ke luar kereta. Keikyu Railway yang melihat masalah tersebut memberikan solusi dengan memasang jendela yang kecil. Iya sangat kecil.

Seperti dikutip dari rilis resmi Keikyu, rangkaian KRL barunya yakni seri 1000-1890, Keikyu Railway menambahkan jendela kecil pada posisi bangku ratapan yang berada di belakang kabin masinis. Jendela yang dipasang di bangku ratapan ini hanya memiliki lebar 10 cm saja. Jika dibandingkan dengan ukuran kursi kereta, ukuran jendela ini tidak cukup mengakomodir penumpang yang duduk di bangku ratapan.

Tampak jendela di bangku ratapan Keikyu seri 1890 dari dalam kereta | Foto: Keikyu

Alasan dibuatnya jendela yang sangat kecil di bangku ratapan ini adalah posisinya yang tidak memungkinkan untuk dipasang jendela yang besar. Bangku ratapan pada KRL Keikyu 1000-1890 berada tepat di belakang kabin masinis dan berada di dekat pintu sehingga tidak mungkin dipasang jendela besar karena adanya mekanik pintu yang ada di antara dinding dalam dan luar kereta.

Namun di sisi lain, jendela tetap harus dibuat supaya penumpang tidak merasa “terjebak” di bangku ratapan. Alhasil solusi yang dibuat adalah dengan memanfaatkan ruang selebar 10 cm yang tidak bersinggungan dengan mekanik pintu kereta. Meski demikian jika penumpang di bangku ratapan hendak melihat keluar kereta mereka harus duduk agak maju supaya bisa melihat ke luar jendela.

Keikyu seri 1000-1890 merupakan sub-seri dari Keikyu seri 1000 yang diproduksi pada 2021 lalu. KRL dengan julukan Le Ciel ini terdiri atas 4 kereta dalam 1 setnya. Rangkaian ini merupakan rangkaian KRL seri 1000 milik Keikyu pertama yang memiliki toilet di dalam kereta. Saat ini terdapat 5 set Keikyu seri 1000-1890 yang beroperasi sebagai armada layanan Keikyu Wing dengan reservasi kursi dan armada sewa. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×