Berita KAKAI CommuterKereta Api

[BREAKING NEWS] KA Turangga Bertabrakan Dengan KA Lokal Bandung Raya

Bagian kereta yang terangkat dampak KA Turangga bertabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya | Foto: Istimewa, Via Okezone

REDigest.web,id, 5/1 – Belum genap seminggu di tahun 2024, kini kabar duka datang dari dunia perkeretaapian. Telah terjadi insiden adu banteng antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. Peristiwa tersebut terjadi di petak jalan rel antara Stasiun Haurpugur-Cicalengka. 

Insiden tersebut melibatkan lokomotif CC2061397 pada KA 65 Turangga rute Surabaya Gubeng-Bandung dengan lokomotif vintage livery CC2017717 pada KA 350 Lokal Bandung Raya rute Padalarang-Cicalengka. Mengutip Okezone, kecelakaan terjadi pada pukul 06.03 Waktu Indonesia bagian Barat. Sementara mengutip Suara Merdeka, Jubir PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi membenarkan peristiwa tersebut. “Saya sedang menuju ke lokasi,” katanya saat dihubungi.

Berdasarkan beberapa gambar yang tersebar di media sosial, terlihat kedua rangkaian kereta mengalami kerusakan yang cukup parah. Hingga berita ini terbit, belum ada informasi korban jiwa karena proses evakuasi masih berlangsung.

Pembaruan, 5 Januari 2024 09.40 – Melansir dari Kompas, telah terkonfirmasi ada 3 orang korban jiwa akibat kecelakaan ini. Ketiganya adalah masinis dan asisten masinis KA 350 Commuter Line Bandung Raya dan salah seorang pramugara dari KA Turangga.

Sementara menurut wawancara Kompas dengan Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, perjalanan KA lintas selatan dilakukan pengalihan rute dengan memutar.

Pembaruan, 5 Januari 2024 14.00 – Melansir dari rilis resmi KAI di akun Twitter, telah terkonfirmasi ada 4 orang korban jiwa akibat kecelakaan ini. Korban keempat adalah seorang petugas keamanan yang berada di Commuter Line Bandung Raya.

Sementara untuk jumlah korban luka mencapai 22 orang. Untuk jumlah penumpang dari kedua KA adalah sebanyak 478 orang. Jumlah ini terdiri dari 287 penumpang KA Turangga dan 191 penumpang Commuter Line Bandung Raya.

Untuk proses evakuasi ini sendiri saat ini masih sedang berlangsung.

Tim REDaksi mengucapkan turut berduka cita atas peristiwa ini. (RED/ADR)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×