Berita KAIndonesiaKAIKereta Api

Beredar Isu Tarif Khusus KA-KA Unggulan Dihapus, Berikut Kata KAI

Ilustrasi: KA Taksaka di Kebumen. Mulai 22 Februari besok, KA ini tidak lagi mendapat tarif khusus Cirebon-Yogyakarta. | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 21/2 – Pekan ini beredar sejumlah isu di media sosial di mana seluruh tarif khusus untuk sejumlah KA akan KAI hapus mulai 22 Februari mendatang. Dalam isu tersebut, KA-KA yang disebutkan namanya adalah KA-KA unggulan seperti KA Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Semeru, Sembrani, dan Taksaka.

Menanggapi pertanyaan Tim REDaksi terkait isu tersebut, VP Public Relations KAI Joni Martinus pun membuka suara. Dalam jawabannya Joni mengatakan “Mulai 22 Februari 2024, terdapat pembaruan daftar KA yang mendapatkan Tarif Khusus. Untuk KA-KA yang dimaksud (Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Semeru, Sembrani, dan Taksaka) masih tetap mendapatkan Tarif Khusus.”.

Dari daftar tarif khusus yang KAI berikan, tarif khusus yang mengalami penghapusan hanya di segmen Cirebon-Yogyakarta. Akan tetapi, pengguna yang hendak memanfaatkan tarif khusus di sektor Cirebon-Yogyakarta dengan KA Argo Dwipangga/Argo Lawu dan beberapa KA lainnya masih dapat melakukannya. Hal ini karena tarif khusus Cirebon-Purwokerto pp dan Purwokerto-Yogyakarta pp tidak mengalami penghapusan. Begitu pula untuk tarif khusus seperti segmen Jakarta-Cirebon dan Bandung-Tasikmalaya, di mana semua KA unggulan masih mendapatkan tarif khusus.

Akan tetapi hal ini tidak dapat dilakukan untuk KA Taksaka karena tarif khusus KA ini hanya tersedia di rute Purwokerto-Yogyakarta. Begitu juga untuk tarif khusus dari Purwokerto ke Solo, di mana terdapat pengurangan jumlah KA yang sangat signifikan. Mulai 22 Februari besok, hanya KA Jayakarta, Manahan, dan Jaka Tingkir yang masih mendapat tarif khusus. Sedangkan untuk KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Senja dan Fajar Utama Solo serta Mataram, dan Kertanegara sudah tidak mendapatkan tarif khusus.

Selain itu, tarif khusus Jakarta-Bekasi untuk semua KA saat ini tidak lagi berlaku relasi pp. Tarif khusus hanya berlaku untuk rute Bekasi-Gambir/Pasar Senen/Jakarta Kota. Sedangkan untuk arah sebaliknya, tidak ada lagi tarif khusus. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Beredar Isu Tarif Khusus KA-KA Unggulan Dihapus, Berikut Kata KAI

  • Agus

    Tarif khusus kan untuk mengisi kekosongan kursi, yang belum terjual. Kenapa harus ada yang dihilangkan?

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×