Berita KAInternasionalKereta Api

Listrik di Ibu Kota Negara Padam, Apa Trem Dapat Bergerak?

Trem yang berhenti beroperasi akibat terdampak pemadaman listrik di Clerqstraat, Amsterdam, Belanda | Foto: RTL Nieuws
Trem yang berhenti beroperasi akibat terdampak pemadaman listrik di Clerqstraat, Amsterdam, Belanda | Foto: RTL Nieuws

REDigest.web.id, 10/2 – 22 Januari lalu, Ibu Kota Negara Belanda yakni Amsterdam mendapat pemadaman listrik besar-besaran yang menerpa rumah, kantor, lampu lalu lintas hingga transportasi umum. Wilayah terdampak juga mencakup Amsterdam-West, Amsterdam Nieuw-West, dan Amsterdam-Noord.

Beberapa transportasi umum yang berhenti di antaranya seperti layanan kapal feri di Zaandam, sebagian besar layanan trem milik operator GVB (Gemeente Vervoer Bedrijf), hingga Stasiun NS (Nederland Spoorwegen) Amsterdam Sloterdijk. Lalu lintas trem mulai berjalan pada hari yang sama namun wisatawan terdampak mendapat saran untuk mempertimbangkan penundaan dan pembatalan perjalanan trem.

Juru bicara GVB menyatakan bahwa pada akhirnya trem dapat berjalan kembali setelah pemadaman selama satu jam. Trem yang sudah tidak bergerak selama beberapa waktu mungkin harus ditarik dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berikut tersaji cuitan terkait dampak padamnya listrik terhadap layanan trem GVB:

Atau terjemahannya:

Pembaharuan pemadaman listrik pukul 09.55 waktu Belanda: Trem rute 4 (Stasiun NS Amsterdam Centraal-Utrechtsestraat-Stasiun NS Amsterdam RAI), 14 (Stasiun NS Amsterdam Centraal-Dam-Artis Zoo-Flevopark), 25 (Stasiun NS Amsterdam Zuid-Buitenveldert-Amstelveen Westwijk), dan 26 (Stasiun NS Amsterdam Centraal-Piet Heintunnel-IJsbrug) berjalan pada rutenya sendiri. Trem rute 1 (Amsterdam Muiderpoort-Vijzelgracht-Leidseplein-Stasiun NS Amsterdam Lelylaan-Osdorp De Aker), 13 (Stasiun NS Amsterdaam Centraal-Rozengracht-Geuzenveld), dan 17 (Stasiun NS Amsterdam Centraal-Rozengracht-Stasiun NS Amsterdam Lelylaan-Osdorp Dijkgraafplein) berada di antara petak Surinameplein, Matterhorn, dan Dijkgraafplein, dan Lambertus Zijlplein. Trem rute 2 (Stasiun NS Amsterdam Centraal-Leidsestraat-Hoofddorpplein-Nieuw Sloten) ada di antara Hoofddorpplein dan Nieuw Sloten. Post Zaandam tidak dapat mempergunakan. Rute trem lainnya juga tidak berjalan.

Tersaji juga cuitan lainnya dari seorang profesor di bidang Logistik Perkotaan pada Amsterdam University of Applied Science:

Yang terjemahannya ialah: Ada laporan dari media sosial X mengenai pemadalam listrik di pusat kota, trem tidak berjalan, dan sebagainya.

Video terkait berhentinya layanan trem sebagai dampak pemadaman:

Di sisi lain, terjadi keluhan wisatawan pada Stasiun NS Amsterdam Sloterdijk karena gagalnya check-in dan check-out pada stasiun tersebut. Penerangan stasiun juga padam, begitupula lampu lalu lintas di sekitarnya. Juru bicara NS menyarankan agar wisatawan menghubungi layanan pelanggan NS untuk memberikan pertanyaan dan laporan. Selanjutnya staf NS akan membantu wisatawan yang mengalami masalah dengan check-in dan check-out(RED/ AFD)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×