Berita KAInternasionalKereta Api

Alstom Akan Operasikan Layanan Kereta Penumpangnya Sendiri

Ilustrasi kereta buatan Alstom
Ilustrasi: Alstom Coradia Polyvalent, salah satu platform kereta regional andalan Alstom | Foto: Kevin B – Wikimedia (CC-BY-SA)

REDigest.web.id, 18/3 – Pabrikan kereta api asal Perancis, Alstom, mengumumkan rencana mereka untuk menjadi operator kereta penumpang mereka sendiri. Seperti dikutip dari rilis resminya, dengan menggandeng konsultan SLC Railways, Alstom akan mengoperasikan layanan Wrexham, Shropshire, and Midlands Railway (WSMR) di Inggris.

WSMR sendiri merupakan layanan baru yang menghubungkan kawasan North Wales, Shropshire, Midlands, dan London. Layanan ini nantinya akan memiliki relasi Wrexham General hingga London Euston. Ini merupakan kali pertama bagi Alstom untuk menjadi operator kereta penumpang di Inggris.

Peta rencana layanan WSMR yang diajukan oleh Alstom | Foto: rilis resmi Alstom

Managing Director UK and Ireland Alstom Nick Crossfield mengatakan pihaknya menyambut baik rencana Alstom menjadi operator kereta api di Inggris setelah 20 tahun lebih lamanya menjadi manufaktur kereta api di sana. Kehadiran WSMR diharapkan bisa menjadi alternatif bagi warga Wrexham yang hendak bepergian menuju London dan sebaliknya.

Selain itu WSMR sendiri diharapkan bisa memangkas waktu tempuh antara kedua kota tersebut di samping layanan kereta api yang ada saat ini. Ditargetkan layanan ini dapat mulai beroperasi pada 2025 mendatang.

Dalam proposal yang diajukan Alstom kepada Kementerian Perkeretaapian, nantinya akan ada total 10 perjalanan relasi Wrexham General-London Euston pp pada hari Senin sampai Sabtu dan tambahan 8 perjalanan pada hari Minggu. WSMR diperkirakan dapat mengakomodasi sebanyak 1,5 juta warga di luar wilayah London.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×