Berita KAIndonesiaKereta Api

Dapat Dana dari Jerman, Elektrifikasi Surabaya Gubeng-Sidoarjo Dimulai 2025

Ilustrasi KRD Komuter Surabaya
Ilustrasi: KRD Komuter Surabaya | Foto: Febri

REDigest.web.id, 1/3 – Pemerintah Kota Surabaya berencana akan memulai pembangunan jaringan kereta listriknya pada 2025 mendatang. Seperti dikutip dari Jawapos, proyek elektrifikasi jalur komuter Surabaya ini diberi nama Surabaya Regional Railway Line (SRRL).

Proses lelang proyek ini rencananya akan dimulai 2025 mendatang. Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Nyono mengatakan berdasar informasi dari Deputi Sarpras Bappenas, dalam proyek SRRL ini pihak Jerman sudah menyerahkan dana komitmen sebesar Rp3,6 triliun.

Ditargetkan proyek SRRL ini dapat rampung pada tahun 2028 dan dapat beroperasi pada tahun 2029. Selain elektrifikasi, rencananya juga akan dibangun jalur MRT yang menghubungkan wilayah Gresik hingga Sidoarjo. Nyono mengatakan studi MRT dibiayai oleh Inggris, dan dilakukan sesuai presentasi dari konsultan EGIS Rail SA.

Jalur MRT ini nantinya juga terintegrasi dengan layanan SRRL. Jalur MRT ini rencananya akan memiliki trase dari Gresik melewati Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, ITS, Gubeng, Wonokromo, hingga Sidoarjo. Selain itu Nyono juga akan membuat kebijakan yang dapat menarik minat masyarakat menggunakan angkutan umum tanpa menimbulkan gesekan dan protes terutama dari para pengguna kendaraan pribadi.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×