Berita KAIndonesiaKAI BandaraKereta Api

KA Bandara Soetta Kini Berhenti di Rawa Buaya

KA Bandara Soekarno Hatta saat berangkat dari Stasiun Rawa Buaya | Foto: Wakhid Hidayat Saputto

REDigest.web.id, 2/3 – Kabar baik buat kalian warga Rawa Buaya dan sekitarnya yang bertujuan ke Sudirman tapi malas transit di Duri. KA Bandara Soekarno Hatta berhenti secara reguler di Stasiun Rawa Buaya mulai Jumat (1/3).

Dari rilis yang dikeluarkan KAI Commuter, seluruh perjalanan KA Bandara Soetta berhenti secara reguler di Stasiun Rawa Buaya. Dibuatnya KA Bandara Soetta berhenti reguler di Rawa Buaya bertujuan untuk memberikan alternatif bagi penumpang selain Commuter Line Lin Tangerang serta permintaan yang tinggi dari masyarakat.

Sementara harga tiketnya sendiri KAI Commuter memberikan promo untuk perjalanan dari Rawa Buaya ke beberapa relasi KA Bandara Soetta. Untuk relasi Rawa Buaya-Manggarai dan Rawa Buaya-BNI City tarifnya Rp15.000 dari tarif asli Rp35.000, Rawa Buaya-Duri dan Rawa Buaya-Batuceper tarifnya Rp10.000 dari tarif asli Rp25.000, dan Rawa Buaya-Basoetta pp tarifnya Rp25.000 dari tarif asli Rp35.000.

Rekan Tim REDaksi melakukan pemantauan secara langsung di hari pertama berhentinya KA Bandara Soetta di Stasiun Rawa Buaya. Untuk loketnya sendiri hanya berada di selatan stasiun. Gate dan loket juga disediakan untuk penumpang KA Bandara Soetta.

Dari hasil pantauan rekan Tim REDaksi, saat ini pembelian tiket KA Bandara Soetta di Rawa Buaya hanya bisa dilakukan menggunakan QRIS dan belum bisa menggunakan kartu uang elektronik.

Loket KA Bandara Soetta yang bersebelahan dengan loket Commuter Line di sisi selatan Stasiun Rawa Buaya | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

KA Bandara Soetta berhenti di jalur 3 untuk arah Basoetta dan di jalur 2 untuk arah Duri. Ada yang unik di peron perhentian KA Basoetta di Rawa Buaya. Karena peron perhentian masih menyatu dengan Commuter Line, sebuah pagar dipasang di peron untuk mencegah penumpang Commuter Line masuk KA Bandara ataupun sebaliknya.

Jadi ketika KA Bandara berhenti di Rawa Buaya, penumpang Commuter Line tidak diperbolehkan masuk stasiun. Begitu pula sebaliknya, ketika Commuter Line berhenti, penumpang KA Bandara tidak diperbolehkan masuk peron. Nantinya penumpang KA Bandara yang hendak naik harus menunjukan tiketnya kepada petugas yang berjaga di pagar.

Pagar pembatas yang dipasang di peron jalur 2 dan 3 Stasiun Rawa Buaya | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Animo penumpang KA Bandara Soetta cukup tinggi terutama untuk arah Duri, Manggarai, dan BNI City. Mayoritas penumpang KA Basoetta yang naik dari Rawa Buaya adalah pegawai kantoran yang bekerja di kawasan Sudirman dan Thamrin.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×