Berita KADebutInternasionalKereta Api

Hokuriku Shinkansen Resmi Diperpanjang Hingga Tsuruga

Kereta Shinkansen seri E7 di jalur Hokuriku Shinkansen. | Foto: MaedaAkihiko – Own work, CC BY-SA 4.0.

REDigest.web.id, 22/3 – Pada hari Sabtu, 16 Maret 2024, salah satu jalur Shinkansen yaitu Hokuriku Shinkansen yang membentang dari Tokyo hingga Kanazawa (bagian dari Tokyo hingga Omiya adalah petak bersama dengan Tohoku Shinkansen, dan dari Omiya hingga Takasaki adalah petak bersama dengan Joetsu Shinkansen) kini telah diperpanjang hingga Tsuruga di Prefektur Fukui.

Perpanjangan rute ini memperpanjang jaringan Shinkansen di Jepang, menjadikan Tokyo dengan Fukui dan Tsuruga kini terhubung dengan Shinkansen, dengan waktu tempuh selama 3 jam 8 menit, 50 menit lebih cepat dari sebelum perpanjangan jalur ini. Dengan demikian, panjang jalur ini dari Tokyo mencapai 579.2 km, sementara trase jalur Kanazawa-Tsuruga sendiri adalah sepanjang 125.1 km. Trase jalur Hokuriku Shinkansen untuk petak Kanazawa-Tsuruga ini dioperasikan oleh West Japan Railway Company (JR West).

Stasiun Echizen-Takefu, satu-satunya stasiun yang benar-benar baru pada perpanjangan jalur Hokuriku Shinkansen ini. | Foto: SONIC BLOOMING – Own work, CC BY-SA 4.0

Dari Kanazawa hingga Tsuruga, terdapat stasiun-stasiun Shinkansen baru yang dibangun, baik renovasi dari stasiun yang sudah ada maupun stasiun baru, yaitu Komatsu, Kagaonsen, Awaraonsen, Fukui, Echizen-Takefu, dan Tsuruga. Stasiun Echizen-Takefu sendiri merupakan stasiun baru yang tidak terkoneksi dengan jalur kereta lainnya. Dilansir dari NHK, biaya perpanjangan jalur Hokuriku Shinkansen ini mencapai 1,67 triliun yen atau sekitar 11 miliar dolar Amerika Serikat.

Fukui sendiri terkenal sebagai kota yang menjadi situs dinosaurus di Jepang, namun prefektur ini dilansir dari Nikkei Asia menjadi salah satu prefektur yang jarang dikunjungi oleh wisatawan dengan peringkat 42 dari 47 prefektur di Jepang. Oleh karena itu, perpanjangan rute Hokuriku Shinkansen menuju ke Tsuruga ini menjadi harapan tersendiri bagi Prefektur Fukui, khususnya dalam hal peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung. Sebelumnya, kawasan-kawasan yang dilalui oleh Shinkansen dan terdapat stasiun di dekatnya juga yang dilansir dari NHK-World Japan, mulai berbenah dalam menyambut beroperasinya Shinkansen dan untuk meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

Kereta api ekspres Thunderbird, salah satu dari dua KA yang harus mengalami pemendekan rute setelah perpanjangan jalur Hokuriku Shinkansen ke Tsuruga. | Foto: MaedaAkihiko – Own work, CC BY-SA 4.0

Selain itu, dengan beroperasinya Hokuriku Shinkansen hingga Tsuruga, maka kereta api ekspres konvensional “Thunderbird” yang sebelumnya melayani dari Osaka hingga Kanazawa maupun sebaliknya, diperpendek rutenya menjadi hanya Osaka hingga Tsuruga, begitu juga dengan kereta “Shirasagi” yang dulunya melayani dari Nagoya hingga Kanazawa, menjadi Nagoya hingga Tsuruga saja. Petak jalur konvensional dari Kanazawa hingga Tsuruga juga beralih kepemilikan dan pengelolaan pada operator sektor ketiga, yaitu IR Ishikawa Railway untuk petak jalur Kanazawa hingga Daishoji dan Hapi-Line Fukui untuk petak Daishoji hingga Tsuruga.

Selamat atas perpanjangan rutenya, Hokuriku Shinkansen! (RED/FDM)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×