Berita KAIndonesiaKereta Api

Melihat Lebih Dekat Rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel Gen 2

Pengiriman rangkaian ekonomi stainless steel new generation dari Madiun ke Malang | Foto: Yuli Eko

REDigest.web.id, 22/3 – Setelah menjadi teka-teki di tengah pecinta kereta api, akhirnya ada kejelasan mengenai di mana rangkaian ekonomi stainless steel new generation akan beroperasi. KAI resmi mengalokasikan rangkaian kereta ekonomi stainless steel new generation ke KA Majapahit.

Hal tersebut disampaikan KAI melalui rilis di akun media sosial Kereta Api Kita. Hal ini disambut baik oleh masyarakat dan pecinta kereta api yang menantikan pembaruan sarana. Lantas apa yang membedakan kereta ekonomi stainless steel new generation ini dengan kereta ekonomi lainnya?

Hingga saat kereta beroperasi, bagian eksterior kereta masih belum dipasang livery. Hanya ada stiker biru yang dipasang di sepanjang kereta. Untuk pintu eksterior kereta sama seperti eksekutif new generation yakni dapat menggunakan pintu slide seperti kereta eksekutif K9 yang dibuka secara otomatis menggunakan tombol

Dari eksterior kita lanjut ke interior kereta. Pintu bordes sama seperti eksekutif new generation yang dapat dibuka otomatis dengan tombol. Dari desain interior sekilas tidak ada perbedaan dengan eksekutif new generation. Display digital dan desain ala kereta cepat memberikan kesan modern dan mewah pada kereta ekonomi ini.

Desain interior ala kereta cepat yang digunakan pada kereta ekonomi stainless steel new generation | Foto: Kereta Api Kita

Yang membedakan adalah bangku keretanya. Bangku kereta menggunakan reclining seat dan dapat diputar balik seperti kereta eksekutif. Yang membedakan hanya kursi ini tidak dilengkapi dengan meja serta tidak terdapat footrest. Beberapa pecinta kereta api berpendapat bangku yang digunakan persis seperti kereta eksekutif stainless steel gen 1.

Bangku yang digunakan pada kereta ekonomi stainless steel new generation | Foto: Kereta Api Kita

Selanjutnya kita beralih ke kereta makan. Desain kereta makan kereta ekonomi stainless steel new generation didominasi ornamen ala ukiran kayu dengan lampu berwarna emas yang memberikan kesan mewah, adem, dan klasik. Kursi kereta makan diberi warna kekuningan menyesuaikan dengan interior kereta.

Desain interior kereta makan ekonomi stainless steel new generation yang didominasi ornamen ala ukiran kayu | Foto: Kereta Api Kita

Di kereta makan ini juga dilengkapi dengan mushola yang dapat digunakan penumpang untuk melaksanakan sholat. Ukuran musholanya tidak besar seperti di kereta-kereta makan lainnya yang bisa memuat 2 hingga 5 orang jamaah. Interior mushola didominasi ornamen kayu yang memberikan kesan adem dan khusyuk ketika melaksanakan sholat.

Mushola yang ada di kereta makan ekonomi new generation | Foto: Kereta Api Kita

Sebelumnya KA Majapahit masih menggunakan rangkaian kereta ekonomi Kemenhub. Belum diketahui nantinya rangkaian lama KA Majapahit akan digunakan oleh KA apa ke depannya. (RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×