Melihat Lebih Dekat Rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel Gen 2
REDigest.web.id, 22/3 – Setelah menjadi teka-teki di tengah pecinta kereta api, akhirnya ada kejelasan mengenai di mana rangkaian ekonomi stainless steel new generation akan beroperasi. KAI resmi mengalokasikan rangkaian kereta ekonomi stainless steel new generation ke KA Majapahit.
Hal tersebut disampaikan KAI melalui rilis di akun media sosial Kereta Api Kita. Hal ini disambut baik oleh masyarakat dan pecinta kereta api yang menantikan pembaruan sarana. Lantas apa yang membedakan kereta ekonomi stainless steel new generation ini dengan kereta ekonomi lainnya?
Hingga saat kereta beroperasi, bagian eksterior kereta masih belum dipasang livery. Hanya ada stiker biru yang dipasang di sepanjang kereta. Untuk pintu eksterior kereta sama seperti eksekutif new generation yakni dapat menggunakan pintu slide seperti kereta eksekutif K9 yang dibuka secara otomatis menggunakan tombol
Dari eksterior kita lanjut ke interior kereta. Pintu bordes sama seperti eksekutif new generation yang dapat dibuka otomatis dengan tombol. Dari desain interior sekilas tidak ada perbedaan dengan eksekutif new generation. Display digital dan desain ala kereta cepat memberikan kesan modern dan mewah pada kereta ekonomi ini.
Yang membedakan adalah bangku keretanya. Bangku kereta menggunakan reclining seat dan dapat diputar balik seperti kereta eksekutif. Yang membedakan hanya kursi ini tidak dilengkapi dengan meja serta tidak terdapat footrest. Beberapa pecinta kereta api berpendapat bangku yang digunakan persis seperti kereta eksekutif stainless steel gen 1.
Selanjutnya kita beralih ke kereta makan. Desain kereta makan kereta ekonomi stainless steel new generation didominasi ornamen ala ukiran kayu dengan lampu berwarna emas yang memberikan kesan mewah, adem, dan klasik. Kursi kereta makan diberi warna kekuningan menyesuaikan dengan interior kereta.
Di kereta makan ini juga dilengkapi dengan mushola yang dapat digunakan penumpang untuk melaksanakan sholat. Ukuran musholanya tidak besar seperti di kereta-kereta makan lainnya yang bisa memuat 2 hingga 5 orang jamaah. Interior mushola didominasi ornamen kayu yang memberikan kesan adem dan khusyuk ketika melaksanakan sholat.
Sebelumnya KA Majapahit masih menggunakan rangkaian kereta ekonomi Kemenhub. Belum diketahui nantinya rangkaian lama KA Majapahit akan digunakan oleh KA apa ke depannya. (RED/BTS)