Berita KAInternasionalKereta Api

Perusahaan KA Australia Akan Modif Lokomotif Diesel Elektriknya Jadi Lokomotif Baterai

Render 3 dimensi desain lokomotif baterai modifikasi milik Aurizon | Foto: 7News

REDigest.web.id, 12/3 – Perusahaan operator kereta api asal Australia, Aurizon, akan memodifikasi salah satu sarana lokomotif diesel elektriknya menjadi lokomotif bertenaga baterai. Seperti dilansir dari 7News, rencana tersebut disampaikan oleh Senator Queensland Nita Green.

Guna mewujudkan rencana tersebut, dana sebesar AU$9,4 juta atau sekitar Rp94 miliar diinvestasikan untuk membuat purwarupa lokomotif baterai ini. Nantinya lokomotif ini akan menggunakan baterai dengan daya total 1,8 megawatt yang nantinya akan ditempatkan dalam sebuah gerbong tender yang terhubung dengan lokomotif. Gerbong tender ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin dan konverter DC-DC.

Desain gerbong tender dan rencana modifikasi pada lokomotif | Foto: Railway Gazette

Proses modifikasi akan dilakukan di fasilitas milik Aurizon di Townsville, Queensland, Australia. Modifikasi dilakukan bersama dengan perusahaan energi alternatif, Alta. Managing Director Alta Ray Zhou mengatakan nantinya lokomotif hasil modifikasi ini akan memiliki 3 sumber tenaga.

Pertama adalah mesin diesel, yang kedua hybrid mesin diesel dan baterai, dan yang ketiga baterai. Sejumlah komponen pada lokomotif juga nantinya akan diganti untuk menunjang modifikasi ini seperti sistem traksi. General Manager Bulk East Aurizon David Wright mengatakan diharapkan proyek ini dapat mengurangi konsumsi BBM dan emisi gas buang hingga 80 persen.

A $9.4 million grant has been announced to retrofit a freight train with batteries, working to cut emissions from the…

Dikirim oleh 7NEWS Cairns pada Jumat, 08 Maret 2024

(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×