Berita KAInternasionalKereta Api

Kamboja Impor KRD KiHa 183-500 Dari Jepang

KRD KiHa 183 yang dinaikan ke kapal di Pelabuhan Hakodate pada Minggu kemarin | Foto: Royal Railway Cambodia

REDigest.web.id, 15/4 – Perusahaan kereta api nasional Kamboja, Royal Railway, mengimpor rangkaian KRD KiHa 183-500. Seperti dikutip dari Railtravelstation, sebanyak 11 unit KRD KiHa 183 dikirim melalui jalur laut pada Minggu (14/4) kemarin.

Rangkaian dikirim menggunakan kapal MV Sedona berbendera Filipina dari Pelabuhan Hakodate, Hokkaido. Dari pantauan di situs Marinetraffic, kapal dijadwalkan berangkat pada Senin (15/4) pukul 19.48 waktu Jepang dan diperkirakan berlabuh di Pelabuhan Sihanoukville, Kamboja pada 27 April mendatang.

Pantauan kapal MV Sedona yang mengangkut KRD KiHa 183-500 dari Hokkaido ke Kamboja | Sumber Data: situs Marinetraffic

KRD KiHa 183-500 ini sendiri merupakan rangkaian bekas JR Hokkaido. KRD ini berhenti beroperasi pada 18 Maret 2023 lalu. Tadinya rangkaian ini rencananya akan dihibahkan ke Sierra Leone namun batal hingga akhirnya dikirim ke Kamboja.

11 kereta yang dikirim ini sendiri terdiri atas 5 set KRD dengan formasi 2 kereta dan 1 unit KRD cadangan. Setibanya di Kamboja, rangkaian akan menjalani re-gauge ke lebar sepur 1000 mm agar bisa beroperasi di sana. Belum diketahui di rute mana KRD KiHa 183-500 ini akan beroperasi.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×