Berita KAInternasionalKereta Api

Kereta Tenaga Hidrogen Stadler Berhasil Pecahkan Rekor Guiness

Kereta tenaga hidrogen Stadler Flirt H2 yang sukses pecahkan rekor Guiness | Foto: Train Magazine

REDigest.web.id, 7/4 – Kereta tenaga hidrogen buatan pabrikan asal Swiss, Stadler, sukses memecahkan rekor Guiness. Seperti dikutip dari Interesting Engineering, pemecahan rekor dilakukan pada 20 Maret lalu di jalur uji di wilayah Colorado, Amerika Serikat.

Dalam pemecahan rekor ini, rangkaian Stadler Flirt H2 berhasil melaju sejauh 1.741 mil atau sekitar 2.803 kilometer selama 46 jam non stop dengan sekali pengisian hidrogen. Guna memecahkan rekor ini, masinis berganti-gantian membawa kereta selama 2 hari nonstop.

Uji coba selesai pada tanggal 22 Maret pukul 17:23 waktu setempat setelah kereta kehabisan hidrogen. Jarak yang ditempuh dalam pemecahan rekor ini bahkan 6 kali lebih jauh dibandingkan jarak tempuh kereta ini di brosur yakni 285 mil atau 460 kilometer untuk sekali pengisian.

Meski demikian, pemecahan rekor ini tidak menggambarkan situasi kereta nantinya ketika beroperasi mengingat nantinya kereta akan banyak berhenti di stasiun. Kereta Stadler Flirt H2 ini sendiri nantinya akan dioperasikan oleh San Bernardino County Transport Authority (SBCTA) pada akhir 2024 ini.

Kereta Stadler Flirt H2 ini terdiri atas 2 kereta dan 1 gerbong tender dalam 1 rangkaian. Gerbong tender ini berisi tangki hidrogen dan sel hidrogen yang digunakan untuk menghasilkan listrik. Satu set Stadler Flirt H2 dapat mengangkut sebanyak 108 penumpang dalam sekali angkut dan dapat dipacu hingga kecepatan 130 km/jam. Selain itu, kereta ini juga dapat beroperasi di wilayah dengan suhu hingga 49 derajat Celsius. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×