Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Masinis Kereta Cepat Indonesia Mulai Jalani Pelatihan Lapangan

Masinis kereta cepat yang tengah menjalani on job training di lapangan | Sumber: KCIC

REDigest.web.id, 18/5 – 72 orang kandidat masinis dari Indonesia mulai menjalani pelatihan lapangan atau on job training di rangkaian kereta cepat. Seperti dikutip dari Detik Travel, para calon masinis kereta cepat ini menjalani pelatihan lapangan bersama masinis Tiongkok.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan dalam pelatihan lapangan ini para calon masinis mengikuti kegiatan dinasan masinis kereta cepat mulai dari awal dinas hingga selesai dinas. Mulai dari administrasi, cek kesehatan, serah terima kereta, menghidupkan dan mengetes kereta, langsir, hingga dinasan selesai.

Dalam pelatihan lapangan ini, seorang penerjemah Bahasa Mandarin turut menemani guna menjembatani komunikasi antara calon masinis Indonesia dan masinis Tiongkok. Hingga saat ini, masinis Indonesia yang baru masih belum dibolehkan mengoperasikan kereta di lintas utama.

Untuk saat ini mereka baru diperbolehkan berdinas membawa langsiran kereta dari Depo Tegalluar hingga Stasiun Tegalluar dengan didampingi pelatih dan masinis. Eva berharap kegiatan ini dapat mengasah kemampuan para calon masinis itu.

Selain itu pelatihan ini juga diharapkan dapat melatih baik ketahanan fisik, mental, ataupun pengetahuan para calon masinis ini. Eva mengatakan proses transfer of knowledge ini merupakan bagian paling krusial dalam pengembangan kereta cepat terutama untuk pengembangan SDM supaya Indonesia bisa mandiri dalam pengembangan kereta cepat di masa depan. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×