Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Kemenhub Lakukan Uji Beban Statis Pada Bodi KRL Baru INKA

Uji beban statis dengan balok beton yang dilakukan pada bodi KRL baru INKA | Foto: tangkapan layar reels Instagram

REDigest.web.id, 3/6 – Direktorat Sarana KA Ditjen Perkeretaapian Kemenhub melakukan uji beban statis pada bodi kereta yang nantinya akan digunakan untuk sarana KRL baru pesanan KAI Commuter.

Seperti dikutip dari rilis resmi Direktorat Sarana KA, @dit.saranaka, uji beban statis dilakukan di workshop INKA Madiun, Jawa Timur pada 14 hingga 18 Mei 2024. Uji beban statis dilakukan Direktorat Sarana KA bersama sejumlah pihak seperti KAI Commuter, BRIN, INKA, dan PT Surveyor Indonesia.

Uji beban dilakukan dengan mengisi bodi kereta dengan balok-balok beton yang mensimulasikan kondisi kereta pada saat jam sibuk. Sejumlah sensor dipasang untuk memonitor apakah terjadi pelengkungan pada bodi dan rangka kereta. Bodi kereta yang diuji adalah bodi yang nantinya akan digunakan untuk kereta motor atau M.

Seperti diketahui sebelumnya, nantinya KRL pesanan KAI Commuter akan menggunakan komponen campuran Jepang dan Indonesia. Untuk bodi kereta dibuat oleh INKA sementara komponen lainnya yang diimpor akan dibuat oleh pabrikan Toyo Denki. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×