Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Baru KAI Commuter Buatan INKA Akan Gunakan Komponen Lokal dan Jepang

Desain rangkaian KRL baru buatan INKA untuk KAI Commuter | Foto: INKA

REDigest.web.id, 9/5 – INKA merilis gambaran dasar teknis KRL baru pesanan KAI Commuter. Dalam persentasi yang dilakukan pada 3rd Virtual Indonesia Railway Conference dengan tajuk “Indonesia’s Railway Project Outlook up to 2029″, diperlihatkan kalau nantinya komponen yang digunakan nantinya mayoritas dibuat oleh pabrikan lokal Indonesia.

Komponen yang nantinya akan dibuat di dalam negeri di antaranya adalah display tujuan kereta, kursi penumpang, semi-permanent coupler, per suspensi, sepatu rem, eskterior dan interior, serta AC. Terdapat pula sejumlah komponen impor yang nantinya akan menjadi sumber alih teknologi seperti pantograf, VVVF inverter, dan static inverter.

Sejumlah komponen tetap diimpor dari luar negeri seperti coupler otomatis, draft gear, wheelset, sistem pintu, dan sistem pengereman.

List komponen buatan lokal dan impor yang digunakan pada KRL pesanan KAI Commuter ke INKA | Sumber Data: INKA

Untuk komponen yang mendapat alih teknologi juga akan mendapat pelokalan pada beberapa bagian. Misalnya switch, controller, dan boks pada VVVF inverter, switch dan boks pada static inverter, serta bracket, sliding slip, dan joint serta fastening pada pantograf.

Bagian dari komponen yang mendapat transfer teknologi yang menggunakan komponen lokal | Sumber Data: INKA

Penggunaan komponen lokal dan impor juga akan diterapkan pada KRL yang mendapat jatah retrofit. Komponen seperti AC, kabel, kabel jumper, cow catcher, gearbox, carbon strip pantograph, panel interior, draft gear, dan harmonika akan dibuat di dalam negeri. Sementara komponen utama seperti sistem propulsi, kompresor, sistem pengereman, baterai, dan bogie kit tetap diimpor dari luar negeri.

Selain memodernisasi sistem kereta, retrofit ini juga nantinya akan membuat konfigurasi KRL 8 kereta yang sebelumnya tidak bisa ditambah seperti pada Tokyo Metro 05 dapat ditambah hingga 12 kereta.

Daftar komponen lokal dan impor yang digunakan pada KRL retrofit | Sumber Data: INKA

Eng-Ing-Eng, Toyo Denki Pun Sudah Resmi Terlibat!

Sejumlah komponen yang diimpor sendiri nantinya akan dibuat oleh pabrikan Jepang, Toyo Denki. Hal tersebut ditegaskan dalam rilis resmi Toyo Denki. Dari rilis tersebut dijelaskan komponen ini nantinya akan disuplai mulai November 2024 dengan nilai kontrak JPY 5,5 miliar.

Komponen yang diimpor dari Toyo Denki di antaranya adalah pantograph, komponen pintu, passenger information display, master control, inverter, twin disk, power supply, motor traksi, dan driving gear.

Komponen buatan Toyo Denki yang nantinya akan digunakan pada KRL pesanan KAI Commuter | Sumber Data; Toyo Denki

Sebelumnya pada Maret 2023 lalu, INKA dan KAI Commuter menandatangani kontrak pengadaan 16 set atau 192 unit KRL yang dilakukan di pabrik INKA Banyuwangi. Rencananya rangkaian KRL baru ini akan mulai dikerjakan pada akhir 2023 dan ditargetkan beroperasi pada awal 2025 mendatang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “KRL Baru KAI Commuter Buatan INKA Akan Gunakan Komponen Lokal dan Jepang

  • Dnov

    semoga saja ac tidak berisik seperti di lrt jabodebek, suaranya annoying.

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×