Kembali Hadir di GAPEKA 2025, Pemesanan Tiket KA Sancaka Utara Sudah Dibuka!

REDigest.web.id, 15/1 – Per tanggal 1 Februari 2025 atau tepat dengan rilisnya GAPEKA 2025, kereta api Sancaka Utara kembali beroperasi kembali setelah hampir lima tahun hiatus dari lintas.
View this post on Instagram
Sebab, pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI sudah dibuka untuk umum. Keistimewaan Sancaka Utara pada edisi GAPEKA 2025 adalah perpanjangan rute hingga Stasiun Cilacap, dengan tarif full trip sebesar Rp320.000 untuk kelas Bisnis dan Rp480.000 untuk kelas Eksekutif di akhir pekan, serta Rp300.000 untuk kelas Bisnis dan Rp440.000 untuk kelas Eksekutif pada hari kerja.

Menurut pantauan dari aplikasi Access by KAI, kereta api Sancaka Utara memiliki nomor perjalanan 233F untuk relasi Stasiun Surabaya Pasarturi – Cilacap, dan KA 236F untuk relasi sebaliknya.
Arti huruf ‘F’ menandakan bahwa kereta ini di GAPEKA tidak dijalankan secara reguler dan dapat berjalan di waktu-waktu tertentu saja. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan jika okupansi KA ini bagus akan berjalan setiap hari, seperti misal kasus KA Pandalungan.
Kereta Api Sancaka Utara: Berumur Jagung dan Lenyap Akibat Pandemi.
KA Sancaka Utara merupakan salah satu opsi perjalanan kereta api dengan rute yang sedikit unik, yaitu Surabaya–Yogyakarta melalui lintas utara: Surabaya Pasarturi–Gambringan–Gundih–Solo–Yogyakarta, dan seterusnya.
Kereta ini pertama kali diluncurkan pada 1 Desember 2019, bersama dengan “saudara baru” lainnya seperti KA Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi–Pasarsenen, serta Kereta Api Anjasmoro relasi Jombang–Pasarsenen via Yogyakarta. Sancaka Utara memiliki kelas Eksekutif dan Bisnis, melayani rute dari Stasiun Surabaya Pasarturi hingga Kutoarjo.
Namun, perjalanan kereta api Sancaka Utara terpaksa diberhentikan bersama kereta api antar kota lainnya per tanggal 26 Maret 2020 untuk meminimalisir dampak penyebaran virus COVID-19 yang saat itu masih masif.
Meskipun GAPEKA 2021 diberlakukan, Kereta Api Sancaka Utara belum sempat beroperasi. Rutenya diperpendek menjadi Surabaya Pasarturi–Yogyakarta dan akhirnya resmi dihapus pada pengoperasian GAPEKA 2023.
Walaupun Sancaka Utara berhenti beroperasi, masyarakat di daerah yang dilaluinya tetap merindukan kehadiran kereta ini untuk menunjang mobilitas mereka, baik untuk berwisata maupun berkuliah. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penumpang, Lia, yang merasa kehadiran kereta tersebut sangat mempermudah perjalanannya. Ia mengungkapkan bahwa mobilitas sehari-harinya dari Bojonegoro ke Yogyakarta menjadi lebih rumit karena harus berganti moda transportasi untuk melanjutkan perjalanan.
Isu Pengoperasian Kembali Sancaka Utara
Beberapa waktu mendekati GAPEKA 2025, terdapat sebuah poster survei dari Angkutan Penumpang (Angpen) Daop 8 Surabaya terkait pengoperasian kembali Sancaka Utara dengan relasi yang berbeda dari edisi sebelumnya: Surabaya Pasarturi–Cilacap.
Silakan diisi survey nya untuk rencana reaktifasi KA Sancaka Utara relasi Pasar Turi – Lamongan – Bojonegoro – Cepu – Solo – Klaten – Jogja – Kutoarjo – Kroya – Cilacap PP
AYO ISI SEKARANG : https://t.co/V3PD732DOZ pic.twitter.com/8O20Ppm3aL
— Info Jateng (@Jateng_Twit) October 8, 2024
Hal tersebut juga diperkuat dengan munculnya kembali perjalanan KA Sancaka Utara di GAPEKA 2025, sesuai dengan apa yang sampaikan oleh akun @sahabat_kereta di Instagram dan @id.railfans di Facebook. Kabar tersebut dapat menjadi berita gembira bagi masyarakat yang telah lama menantikan kembalinya layanan kereta ini.
View this post on Instagram
Nah, bagaimana okupansi Kereta Api Sancaka Utara kedepannya setelah pandemi? Mari kita tunggu! (RED/alifmaulr)