Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Bantah Ada Praktik Percaloan Tiket Kereta Api

Ilustrasi: boarding face recognition yang diterapkan oleh KAI di sejumlah stasiun KA jarak jauh | Foto: Dok. KAI

REDigest.web.id, 11/2 – Di tengah ramainya isu percaloan tiket kereta api di tengah penumpang dan pecinta kereta api, KAI akhirnya memberikan tanggapan mengenai isu tersebut. KAI membantah adanya praktik percaloan tiket kereta api saat ini.

Mengutip dari Kompas.com, bantahan tersebut disampaikan Manager Humas Divre III Palembang Aida Suryanti. Ia mengatakan pihaknya tidak menemukan indikasi adanya praktik percaloan tiket kereta api di wilayahnya.

Aida mengatakan tidak ada praktik percaloan pada tiket KA Bukit Serelo dan KA Rajabasa. Aida juga mengatakan penerapan sistem ticketing online mempersempit ruang gerak calo yang berusaha menjual tiket kereta api.

Sebelumnya Tim REDaksi bersama Komunitas OPKA SUMSEL melakukan investigasi mengenai praktik percaloan ini. Dari hasil investigasi tersebut, ditemukan satu grup Facebook yang dikhususkan untuk jual beli tiket kereta api lewat calo.

Selain itu praktik percaloan ini memanfaatkan fitur batal yang ada di aplikasi Access by KAI. Di mana si calo akan memborong tiket kereta api lalu membatalkannya ketika sudah mendapatkan pembeli sehingga slot kosong dari tiket yang dibatalkan digunakan untuk membeli tiket si pembeli.

Bahkan kali ini praktik percaloan ini sudah meluas hingga Pulau Jawa. Berdasarkan kiriman Facebook di atas, tampak tiket Bengawan yang seharusnya hanya senilai Rp74.000 dijual hingga Rp220.000. Hanya saja tampak pada posting tersebut disebutkan penjualan ini adalah “jasa titip”.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KAI121 (@kai121_)

KAI sendiri sudah pernah mengimbau kepada pengguna untuk tidak menggunakan jasa titip alias jastip untuk membeli tiket kereta api. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


5 komentar pada “KAI Bantah Ada Praktik Percaloan Tiket Kereta Api

  • Sohib

    Mental ambtenar masih melekat…

    Balas
  • Jntro

    Sbgai plnggan setia KAI.. trkdang mbtalkn/ reschedule tiket.. sehingga kn trjdi 1 sheet kosong.. tpi kenytaany sy coba smpe bbrpa jam bhkn mnjelang kbrngkranpun ..itu sheet pmbatalan ttep tdk mncul sbgai sheet kosong ???? Andai dilakun bbrp orng.. brti kn trjadi shhet kosong seharusny???

    Balas
  • Coklat

    Benar sekali pokoknya ada yg ga beres.. kasihan yg sudah hunting msntengin Access KAI dari jam 00.00 ternyata tiket blm hitungan detik dah ludess.

    Balas
  • Awe

    Jauh panggang dari api….coba itu di audit admin aplikasi penjualan tiket… ketahuan semua nanti

    Balas
  • Aku

    Yg tambah bikin emosi itu.. Kita udah dapet kursi tapi tinggal tekan tombol pesan… Gagal.. Di bilangnya imvalid cacha.. Dan berkali kali kita tombol … Hingga akhirnya gagal dapet tiket.. Kita ulang lagi masuk antrian lagi

    Malah kemarin udah dapat kode bayar eee mau bayar di atm gagal gagal lagi

    Dan begini berulang di setiap tahun nya

    Capekkkk

    Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×