Berita KADebutIndonesiaKereta Api

KAI Luncurkan Kereta Api Batavia Relasi Gambir-Solo Balapan

KA Batavia di Cirebon | Foto: RED/Rizki Fajar Novanto

REDigest.web.id, 11/2 – PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP (Daerah Operasi) 1 Jakarta meluncurkan layanan Kereta Api Batavia relasi Gambir-Solo Balapan PP. Kereta api ini menggunakan rangkaian Stainless Steel New Generation (SSNG) buatan PT INKA.

Nama “Batavia” diambil dari nama lama Jakarta pada masa Hindia Belanda. KA Batavia merupakan penamaan ulang dari layanan kereta api Manahan Tambahan yang telah beroperasi sejak 7 Februari 2024.

“Komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirnya KA baru yang diberi nama KA Batavia, hadirnya KA ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan perjalanan antara Jakarta dan Solo,” kata Executive Vice President (EVP) Daop 1 Jakarta, Yuskal Setiawan di Stasiun Gambir, Kamis 2 Februari 2025.

Interior KA Batavia sebagaimana pada umumnya kereta ekonomi Stainless Steel New Generation pada umumnya | Foto: RED/Rizki Fajar Novanto

Kereta Batavia diberangkatkan dari Stasiun Gambir pukul 09.35 dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.00. Sementara, keberangkatan dari Solo Balapan pukul 22.00 dan tiba di Gambir pukul 07.05. Kereta ini terdiri dari dua kelas Ekonomi dan Eksekutif.

Total kapasitas tempat duduk pada KA Batavia yaitu 488 tempat duduk dengan rincian 200 tempat duduk pada kelas Eksekutif dengan empat Kereta dan 288 tempat duduk dengan empat Kereta. Tarif untuk kelas Ekonomi adalah Rp 350 ribu, Eksekutif Rp 530 ribu.

“Batavia menjawab permintaan pelanggan. Karena sesuai dengan yang disampaikan oleh Pak Joni tadi, apapun kereta api yang tujuannya ke Jogja, khususnya di hari weekend, itu cukup tinggi. Apapun kelasnya, baik Ekonomi maupun Eksekutif ” tutup Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta.

Untuk melihat minat masyarakat dalam menggunakan KA Batavia ini, KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan KA Batavia setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu (berjalan fakultatif sebagai kereta tambahan). Sebagai informasi, KA Batavia berdasarkan GAPEKA 2025 pada awalnya akan memiliki nomor perjalanan KA 243F-244F, namun dalam perjalanannya KA ini berubah menjadi penomoran PLB 7005-7006.

Layanan Kereta Stainless Steel New Generation

Kereta eksekutif Stainless Steel New Generation | Foto: RED/Rizki Fajar Novanto

Kereta Stainless Steel New Generation dibuat oleh PT INKA. Untuk kelas Ekonomi, terdiri dari 72 tempat duduk pada satu keretanya. Sementara, kelas Eksekutifnya 50 tempat duduk. Kereta Ekonomi menggunakan apa yang KAI sebut captain seat yang ergonomis dan searah laju kereta. Selain itu fitur reclining juga tersedia dan legroom atau ruang kakinya lebih luas. Sementara kereta Eksekutifnya juga telah menggunakan model kursi yang baru dengan Footrest tersedia di setiap kursinya selayaknya standar kereta eksekutif.

Kereta Stainless Steel New Generation memiliki peredaman suara yang lebih baik. Penumpang juga bisa melihat kecepatan kereta dan estimasi waktu tiba stasiun melalui layar PIDS yang tersedia di atas pintu. Informasi nama kondektur dan stasiun pemberhentian juga ada di TV passenger information display service (PIDS). (RED/rnovanto)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ร—