Pos Batas Negara Dibuka, Bus Antarnegara Beroperasi Kembali

DAMRI antarnegara
Bus DAMRI di Pos Lintas Batas Negara Entikong, Maret 2020 | Foto: Tempo.co

REDigest.web.id, 17/9 – Semenjak pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan Malaysia, pada Maret 2020 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) antara kedua negara ditutup demi mencegah penyebaran virus tersebut. Akibatnya, perjalanan darat baik dari Indonesia dan Malaysia berhenti total selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah bus antarnegara rute Pontianak-Kuching di Sarawak Malaysia dan Pontianak-Bandar Seri Begawan di Brunei Darussalam yang berhenti beroperasi.

Namun pada April 2022 beberapa PLBN Indonesia-Malaysia mulai buka kembali, salah satunya Pos Entikong yang menjadi lintasan yang umum untuk bus antarnegara saat sebelum pandemi. Dan pada pertengahan Juli 2022 DAMRI menjadi bus antarnegara yang beroperasi kembali, dengan Biaramas Express menyusul pada Agustus 2022.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DAMRI (@damriindonesia)

Tapi layanan ini bersifat transit atau back to back, di mana penumpang akan berganti bus di PLBN kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus lainnya. Dan pada September 2022 bus antarnegara dapat melayani penumpang secara langsung atau point to point, kecuali DAMRI di hari Minggu yang masih berlaku sistem transit. Layanan direct tersebut hadir dengan masa percobaan selama satu bulan, dan baik DAMRI maupun Biaramas Express beroperasi pada hari-hari tertentu secara bergantian.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by SIS JO BIARAMAS EXPRESS (@biaramaspontianak)

Untuk tarif dan kelas, DAMRI menyediakan dua pilihan yaitu kelas Eksekutif bangku 2-2 dengan tarif 270.000 Rupiah atau 80 Ringgit, dan kelas Limousine bangku 2-1 dengan tarif 350.000 Rupiah atau 105 Ringgit. Sedang Biaramas Express hanya memiliki satu pilihan yaitu kelas Eksekutif bangku 2-2 dengan tarif 270.000 Rupiah atau 80 Ringgit.

Sampai artikel ini terbit, baru DAMRI dan Biaramas Express yang sudah beroperasi terlebih dahulu. Sedang perusahaan otobus lainnya seperti Setia Jaya Sakti, Eva Express, Bintang Jaya Express, ADBS Express, dan lain-lain masih belum beroperasi. Sedangkan rute antarnegara yang kembali buka baru pada rute Pontianak-Kuching, sedang untuk Pontianak-Bandar Seri Begawan belum beroperasi kembali. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: