Lokomotif D 301 Dijadikan Monumen di Stasiun Yogyakarta

Lokomotif D 301 61 09 (D 301 22) yang akan dijadikan monumen di Stasiun Yogyakarta | picture by:

[24/10]. Setelah sebelumnya lokomotif Bima Kunting 2 dijadikan monumen di halaman Benteng Vredeburg, kini giliran lokomotif D301 yang dijadikan monumen. Tadi malam satu unit lokomotif D301 diangkut dari Balai Yasa Pengok untuk dijadikan monumen.

Lokomotif yang dijadikan monumen adalah D 301 61 09 atau D 301 22. Sebelumnya lokomotif ini adalah lokomotif langsir di Dipo Solo Balapan. Sebelum dijadikan monumen, terlebih dahulu lokomotif ini menjalani perawatan agar terlihat seperti baru.

Dari Balai Yasa Pengok, lokomotif diangkut menggunakan truk tronton menuju Stasiun Yogyakarta untuk dijadikan monumen. Pengiriman sengaja dilakukan tengah malam agar tak mengganggu arus lalu lintas. Tak lama, menjelang dini hari lokomotif sudah tiba di Stasiun Yogyakarta.

Lokomotif D 301 09 yang diangkut menggunakan truk | picture by: Dandi via Motuba

Lokomotif D 301 09 rencananya akan akan dipajang di pintu masuk selatan Stasiun Yogyakarta. Dengan begini maka sudah ada dua lokomotif diesel yang dijadikan monumen yakni Bima Kunting 2 dan D 301 09. Apakah akan ada lagi lokomotif diesel yang dijadikan monumen lagi? Kita lihat saja nanti.

(RED/BTS)

 

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: