Lokomotif D30103 Telah Dipajang di Kota Tegal

Lokomotif D30103
Lokomotif D30103 di Taman Pancasila, Tegal | Foto: Giovanni Mahameru

REDigest, 30/9 – Satu lagi lokomotif D301 buatan Fried Krupp resmi dipajang menjadi monumen statis. Setelah lokomotif D30122 di Yogyakarta dan D30159 di Semarang Tawang, kini D30103 juga dipajang menjadi monumen statis di Tegal.

Dilansir dari Radar Tegal, lokomotif ini berhasil dipajang di Taman Pancasila, depan Stasiun Tegal dan Gedung SCS pada Senin (27/9) kemarin. Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal Eko Setiawan, lokomotif ini dipajang sebagai bentuk kerja sama antara Pemerintah Tegal dan PT KAI. Ia menyebutkan lokomotif D301 ini merupakan aset KAI, sementara Taman Pancasila adalah aset Kota Tegal.

Dalam kerja sama ini, ia menyebutkan lokomotif ini merupakan kelengkapan Taman Pancasila, dan merupakan bentuk kerja sama nyata antara KAI dan Kota Tegal. Ia menambahkan nantinya lokomotif ini akan memiliki beberapa komponen dan instrumen seperti suara dan lampu, sehingga seolah-olah masih bisa beroperasi. Rencananya pembangunan taman tersebut akan selesai pada akhir tahun ini.

Sebetulnya proses restorasi lokomotif ini sendiri telah selesai pada Januari 2021. Dilansir dari Instagram Wali Kota Tegal Muhamad Junaedi, ia mengecek langsung lokomotif ini pada 23 Januari lalu. Tampak lokomotif tersebut dicat menyerupai livery era PJKA, meskipun warna kuningnya sangat terang, dan tampak logo terbaru PT KAI.

Penggemar kereta api di media sosial pun kala itu mempertanyakan akurasi restorasi ini. Hal yang disorot adalah akurasi warna yang digunakan, dan mengapa ada logo terbaru KAI di lokomotif tersebut.

Berdasarkan data dari buku “Lokomotif dan Kereta Rel Diesel di Indonesia Edisi 3“, Lokomotif D30103 merupakan kepemilikan Depo Tegal dan telah memiliki nomor Kemenhub D3016101. Namun berbeda dengan D30122 yang mengenakan nomor Kemenhub terbaru di samping, D30103 tetap menggunakan nomor aslinya.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×