Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Selamat Tinggal Tumpukan KRL Ekonomi di Purwakarta

KRL Rheostatik yang sudah dipotong di Purwakarta | picture by: Satoshi Takagi

[31/12]. Kabar sedih datang untuk pecinta kereta api di penghujung tahun 2018 ini. Rangkaian eks KRL ekonomi yang ditumpuk di bekas Dipo Lokomotif Purwakarta mulai dirucat. Perucatan sudah dilakukan sejak sebelum hari Natal lalu. Satu per satu rangkaian KRL Rheostatik mild dan stainless, BN Holec, serta Hitachi mulai dipotong menjadi potongan besi tua.

Dari pemantauan yang dilakukan oleh sumber kami memperlihatkan sudah banyak KRL yang dipotongi. Ada yang sudah dipotong separuh, ada pula yang masih utuh namun sudah mulai dipotongi. Bahkan terlihat pula tumpukan besi bekas KRL yang ditempatkan di bagian dalam dipo. Pemotongan dilakukan mulai dari tumpukan arah selatan atau arah Bandung dan dilanjutkan hingga arah utara.

Tumpukan besi bekas KRL yang sudah dirucat | picture by: Satoshi Takagi

Meski pembersihan sudah mulai dilakukan namun masih ada sedikit harapan untuk melihat sisa-sisa dari kejayaan masa lalu KRL ekonomi. Tidak semua rangkaian akan dirucat. Akan ada beberapa kereta yang akan diselamatkan dari perucatan. Untuk membedakan yang mana yang dirucat dan mana yang tidak bisa dilihat pada coretan cat semprot yang ditulis di tubuh kereta.

Pada rangkaian yang dirucat ada tulisan “rucat” dan rangkaian yang tidak dirucat ada tulisan “tidak rucat”. Namun belum diketahui apakah kereta yang ditulis “tidak rucat” akan dipreservasi atau sudah dijual ke pihak lainnya. Penandaan rangkaian ini sudah dilakukan sejak akhir November lalu.

Perucatan ini tentunya memberikan rasa sedih yang mendalam terutama bagi “roker” dan para pecinta kereta api di era KRL ekonomi. Pasalnya dibalik rangkaian-rangkaian tersebut tersimpan banyak kenangan yang berharga. Baik itu sedih, susah, senang, hingga kisah cinta. Harapan preservasi pun muncul agar generasi mendatang dapat melihat dan mempelajari sejarah kereta komuter Jabodetabek di masa lalu. Selamat jalan KRL ekonomi. Jasamu akan selalu dikenang di hati.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Selamat Tinggal Tumpukan KRL Ekonomi di Purwakarta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×