KAI Commuter Mulai Kirim KRL Tidak Terpakai ke Pasirbungur

krl tidak terpakai pasirbungur
Rangkaian pengiriman KRL tidak terpakai ke Stasiun Pasirbungur di Stasiun Depok | Foto: Deni Andriansyah

REDigest.web.id, 20/1 – KAI Commuter mulai kembali mengirim rangkaian KRL yang sudah tidak terpakai. Kali ini, KAI Commuter mengirim rangkaian KRL tidak terpakai tersebut ke tempat penampungan sementara (TPSSK) di Stasiun Pasirbungur. Stasiun Pasirbungur terletak di antara Stasiun Pringkasap dan Cikaum di wilayah Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon. Sebelumnya, KRL tidak terpakai dikirimkan ke Stasiun Purwakarta di Daop 2 Bandung dan Stasiun Cikaum.

Sebagai rangkaian pertama tujuan Pasirbungur adalah empat unit kereta dari KRL seri 1000 rangkaian 1080F. Keempat kereta tersebut adalah 1081, 1082, 1083, dan 1086. Bertindak sebagai lokomotif penghela adalah CC2018902 milik Depo Tanah Abang. Sedangkan kereta bantu pengereman (bandul) menggunakan empat unit kereta, yaitu B 0 14 19, B 0 14 29, K1 0 99 11, dan K1 0 99 02. B 0 14 19 sendiri sebelumnya pernah bertugas sebagai kereta bandul untuk pengiriman KRL seri 205 ke wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Menggunakan sistem dua rangkaian

Lokomotif CC2039809 menghela KLB pengiriman kereta bandul menuju Depo KRL Depok, Selasa (18/1) | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Sebelumnya, sebanyak enam unit kereta bandul telah dikirim ke Depo KRL Depok dari Depo Sarana Cipinang pada Selasa (18/1) lalu. Dua unit kereta bandul lainnya adalah B 0 07 11 dan B 0 09 15. Kedua kereta bandul ini nantinya akan bertugas pada rangkaian pengiriman KRL tidak terpakai lainnya bersama KRD penolong Djoko Tingkir. Sehingga dalam pengiriman KRL tidak terpakai kali ini akan menggunakan sistem dua rangkaian dengan masing-masing satu lokomotif untuk setiap rangkaian.

krl tidak terpakai pasirbungur
Tampak depan foto bersama KRL seri 1000 rangkaian 1080F, yang begitu gelap… | Tangkapan layar dari siaran langsung kanal YouTube Sendy Prasetya
krl tidak terpakai pasirbungur
…dan tampak belakang dari foto bersama tersebut beserta sang fotografer dari foto bersama | Foto: Deni Andriansyah

Kereta luar biasa (KLB) pengiriman KRL ke Pasirbungur berangkat dari Depok tepat pada dini hari tadi. Perjalanan ke Pasirbungur menggunakan rute memutar melalui Kampung Bandan, seperti pada pengiriman-pengiriman sebelumnya. Pada pengiriman pertama ini, tampak banyak pecinta kereta api yang antusias mengabadikan momen terakhir keempat kereta dari rangkaian 1080F di Daop 1 Jakarta. Bahkan, pecinta-pecinta kereta api tersebut sampai berfoto bersama di sebelah rangkaian KLB.

Pengiriman KRL tidak terpakai hingga awal Februari

KRD penolong Djoko Tingkir bersiap menghela KRL seri 5000 rangkaian 5817F dari Stasiun Depok Baru ke Depo KRL Depok sebagai bagian dari persiapan pengiriman ke Stasiun Pasirbungur | Foto: Deni Andriansyah

Menurut informasi, pengiriman KRL tidak terpakai ini masih akan berlangsung hingga awal Februari nanti. Unit-unit KRL tersebut hampir keseluruhannya telah siap di Depo KRL Depok. Beberapa rangkaian KRL yang terkonfirmasi di antaranya KRL seri 5000 rangkaian 5809F, KRL seri 8500 rangkaian 8608F dan 8612F, dan KRL seri 1000 rangkaian 1090F.

KRD penolong Djoko Tingkir dan KRL seri 5000 rangkaian 5817F tiba di Stasiun Depok | Tangkapan layar dari siaran langsung kanal YouTube Sendy Prasetya

Sementara itu, KRL seri 5000 rangkaian 5817F terlebih dahulu dikirim ke Depo KRL Depok dari Stasiun Depok Baru menggunakan KRD penolong Djoko Tingkir pada malam yang sama (20/1). Rangkaian ini juga termasuk ke dalam rangkaian yang terkonfirmasi akan dikirim ke Stasiun Pasirbungur.

Mengenai KRL seri 6000 hibah eks Toei, tidak ada informasi mengenai pengiriman rangkaian KRL yang juga sudah tidak terpakai ini ke Pasirbungur. Walaupun demikian, masih ada beberapa rangkaian KRL tersebut yang berada di Jakarta. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

2 komentar pada “KAI Commuter Mulai Kirim KRL Tidak Terpakai ke Pasirbungur

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: