The Last 6000 Series! KRL Seri 6000 Rangkaian 6130F Tiba di Jakarta

Sang Pamungkas: Rangkaian 6130F saat bersandar di Stasiun Tanjung Priok

(25/12) – Rangkaian KRL seri 6000 dari Tokyo Metro terakhir yang dibeli oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), 6130F, akhirnya tiba di Jakarta pada Minggu siang (23/12). Diangkut dengan kapal kargo MV Istorya berbendera Filipina, 6130F menempuh perjalanan laut yang cukup singkat. Hanya perlu sekitar 2 minggu perjalanan laut dari timber wharf di Port of Tokyo ke dermaga JICT 101 di Pelabuhan Tanjung Priok.

Rangkaian 6130F merupakan rangkaian KRL seri 6000 dari Tokyo Metro ke-27 yang didatangkan ke Jakarta oleh KCI. Rangkaian ini juga sekaligus menutup pengadaan KRL seri 6000 dari Tokyo Metro. Ini dikarenakan sudah tidak ada lagi KRL seri 6000 yang tersisa untuk dikirim ke Indonesia. Dua rangkaian seri 6000 yang tersisa, 6000-1F “Hyphen” dan 6102F disimpan oleh Tokyo Metro.

Rangkaian 6130F mulai berdinas di jalur Chiyoda sejak 1985. 6130F juga menjadi salah satu rangkaian terakhir yang menjalani B-Refurbishment di Shin-Kiba pada tahun 2005. Bersama 6102F, rangkaian ini juga menjadi rangkaian yang digunakan dalam prosesi Last Run pada November yang lalu. Rangkaian ini kemudian sempat dipamerkan dulu di Ayase dengan headmark perpisahan seri 6000 dan ribbon berwarna merah-putih yang menandakan bahwa rangkaian ini akan segera dikirimkan ke Indonesia. Rangkaian ini kemudian dikirimkan ke Dipo Shin-Kiba sebelum dikirim ke Port of Tokyo pada tanggal 3 Desember kemarin untuk dikapalkan ke Jakarta.

Baca Juga: Jadi Sang Pamungkas, KRL Seri 6000 Rangkaian 6130F Pergi ke Jakarta!

Setibanya kapal MV Istorya di Jakarta pada Minggu (23/12) siang, dua kereta pertama dari 6130F langsung diturunkan dari kapal. Namun karena suatu hal, penurunan kereta dihentikan sementara dan dua kereta pertama 6130F dibiarkan di samping kapal di atas truk trailer yang akan mengangkut ke Stasiun Pasoso. Penurunan dimulai lagi pada Senin (24/12) sekitar pukul 4 pagi. Seluruh kereta selesai diturunkan dan dibawa ke Stasiun Pasoso pada pukul 10 pagi.

Rangkaian ini kemudian disimpan di Stasiun Tanjung Priok bersama dengan KRD Penolong milik Dipo Bukit Duri sebelum dikirimkan ke Dipo Depok pada Minggu malam. 6130F juga sempat dijumpai oleh 6127F yang berdinas sebagai KRL Commuter Line di lintas Tanjung Priok.

Dua bersaudara yang nasibnya berbeda jauh sedang bersama
Tak ketinggalan pula stiker perpisahan istimewa yang masih tertempel di kaca depan

Seperti pengiriman sebelumnya, 6130F dikirimkan ke Depok melalui jalur lingkar Pasar Senen-Kampung Bandan-Tanah Abang. 6130F tiba di Depok pada pukul 3 pagi, dan langsung disambut 6108F yang berdinas sebagai KRL Commuter Line tujuan Bogor pemberangkatan pertama dari Depok.

Setelah tiba di Dipo Depok, 6130F akan langsung menjalani adaptasi lingkungan. Di mana rangkaian ini akan dicat ulang, dipasangi cow catcher, serta kelengkapan lainnya sebelum bisa diuji cobakan di lintas Bogor.

Dengan selesainya pengiriman rangkaian KRL seri 6000, maka untuk saat ini selesai sudah pengadaan KRL dari Tokyo Metro. Sebelumnya, Tokyo Metro telah mengumumkan bahwa KRL seri 7000 dan seri 8000 akan mulai diganti pada tahun 2020 mendatang . Namun, apakah KCI akan melirik mereka, atau justru tetap akan membeli KRL baru? Kita lihat saja nanti. (RED/MPF/IHF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: