Akhir Februari, LRT Jakarta Beroperasi Untuk Umum

Rangkaian LRV Jakarta yang stabling di Stasiun Kelapa Gading

[13/2]. Sudah tidak sabar menanti untuk naik LRT Jakarta? Penantian kalian sebentar lagi akan usai. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menargetkan LRT Jakarta fase 1 dengan rute Kelapa Gading – Velodrome akan beroperasi akhir bulan Februari ini. Hal tersebut disampaikan oleh Dirut Jakpro Iwan Takwin. Iwan mengatakan LRT Jakarta diperkirakan akan beroperasi pada tanggal 25 atau 28 Februari 2019 ini.

Pengoperasian LRT Jakarta ngaret hampir 6 bulan dari target sebelumnya yakni saat Asian Games pada Agustus 2018 lalu. Iwan mengatakan saat ini progress pembangunan di jalur sudah mencapai 98 persen sedangkan pengerjaan Dipo Kelapa Gading mencapai 90 persen.

Jakpro saat ini tengah menyelesaikan sejumlah konstruksi. Bersamaan dengan dibangunnya jalur dan dipo, Balai Pengujian Perkeretaapian Kemenhub tengah melakukan sertifikasi dipo dan stasiun. Tujuannya untuk mendapatkan sertifikat layak operasi.

Selain itu Iwan juga mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun standart operating procedure (SOP) dan manajemen resiko bersama Direktorat Keselamatan Kemenhub. Nantinya Direktorat Keselamatan memastikan seluruh SOP dan prosedur keadaan darurat sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenhub.

Untuk tarifnya sendiri pihak Jakpro masih belum bisa memastikan berapa besarnya karena masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait skema kerjasama. Saat ini internal Jakpro tengah melakukan pembahasan mengenai apakah pembangunan LRT Jakarta menggunakan skema bangun serah terima atau Build Transfer Operate (BTO) atau bangun guna serah atau Build Operate Transfer (BOT).

(RED/BTS)

Teras Jakarta

Tribunnews

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ă—
%d blogger menyukai ini: