Stasiun Jakarta Kota Akan Kembali Layani KA Jarak Jauh

Stasiun Jakarta Kota | Tribunnews / Flickr / Cak Adi

[28/5]. Setelah bertahun-tahun lamanya hanya melayani langsiran dan stabling KA jarak jauh, kini ada kepastian kapan penumpang bisa naik KA jarak jauh kembali dari Stasiun Jakarta Kota. Mulai besok, sejumlah KA jarak jauh pemberangkatannya dipindah serta melayani naik dan turun penumpang dari Stasiun Jakarta Kota.

Dilansir dari rilis KAI melalui akun media sosialnya, setidaknya ada 3 KA jarak jauh yang pemberangkatannya dipindah ke Stasiun Jakarta Kota dan ketiga KA jarak jauh tersebut sebelumnya bertujuan akhir Pasar Senen. Ketiga KA tersebut di antaranya adalah KA Kutojaya Utara, Jayakarta Premium, dan Menoreh. Pemindahan ini dilakukan untuk meringankan beban Stasiun Pasar Senen sebagai stasiun keberangkatan awal.

Karena stasiun pemberangkatan awalnya dipindah, maka tempat peristirahatan rangkaian Kutojaya Utara yang sebelumnya di PUK Pasar Senen dan rangkaian Menoreh yang sebelumnya di Tanjung Priok dipindah ke Dipo Kereta Jakarta Kota.

Nantinya ketiga KA tersebut akan diberangkatkan dari jalur 2 dan 3 Stasiun Jakarta Kota yang sebelumnya banyak dikira akan digunakan sebagai jalur pemberangkatan KA Bandara Soekarno Hatta. Pasalnya dari kabar yang beredar pembangunan ruang tunggu di jalur 2 dan 3 Stasiun Jakarta Kota akan diperuntukan sebagai ruang tunggu KA Bandara Soekarno Hatta.

Sejumlah prasarana penunjang disiapkan untuk menyambut pemindahan keberangkatan 3 KA jarak jauh ke Stasiun Jakarta Kota seperti meja layanan customer service, mesin cetak tiket mandiri, counter check in, serta kursi yang ditempatkan di ruang tunggu eks jalur 1 Stasiun Jakarta Kota.

Belum diketahui apakah pemindahan ini bersifat sementara atau permanen serta apakah ke depannya sebagian besar keberangkatan KA jarak jauh akan dipindah ke Jakarta Kota atau tidak. Namun dari kabar yang beredar memang ada rencana untuk kembali mengoptimalkan Stasiun Jakarta Kota sebagai stasiun keberangkatan awal KA jarak jauh. Selain Jakarta Kota, Stasiun Tanjung Priok juga rencananya akan difungsikan kembali sebagai stasiun keberangkatan awal KA jarak jauh.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: