Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

KCIC Tetapkan Tarif Kereta Cepat Jakarta – Bandung USD 16

Rangkaian CR400AF Fuxing yang rencananya akan digunakan sebagai armada kereta cepat Jakarta – Bandung | Railjournal

[16/6]. Meski jalurnya belum jadi dan rangkaiannya belum dibuat, KCIC telah mengumumkan besaran tarif kereta cepat Jakarta – Bandung. Tarif kereta cepat Jakarta – Bandung rencananya akan dibanderol sebesar USD 16 atau sekitar Rp 230.000 (kurs USD 1 = Rp 14.000).

Hal tersebut disampaikan KCIC melalui akun media sosial resminya. Tarif USD 16 diberlakukan untuk kelas terendah yakni kereta dengan formasi bangku 2-3 atau kelas ekonomi. Manajer People Relationship & Company Social Responsibility KCIC Deni Yusdiana mengatakan tarif ini ditetapkan berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Deni mengatakan untuk kelas eksekutif atau formasi bangku 1-2 tarifnya bisa lebih mahal ketimbang kelas ekonomi. Di sisi lain, Deni mengatakan tarif ini masih belum resmi diberlakukan. Untuk tarif resminya sendiri masih akan dibicarakan dengan Kemenhub.

Sampai berita ini diturunkan, progress Jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung baru mencapai 21 persen. Tiang pancang jalur sudah mulai terlihat di sepanjang Tol Jakarta – Cikampek dari Halim hingga Bekasi dan Tol Cipularang di kawasan Padalarang dan Cimahi. Sejumlah terowongan yang akan dilintasi juga mulai memperlihatkan bentuknya seperti Terowongan Walini, Terowongan 4, dan Terowongan 6.

Mesin TBM juga sudah dipasang di kawasan Halim untuk menggali jalur bawah tanah di kawasan Halim. Ditargetkan Jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung mulai beroperasi pada tahun 2021 mendatang.

(RED/BTS)

Sinar Harapan

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×