Berita KAIndonesiaKereta Api

Jalur Cibatu – Garut Diujicoba Menggunakan Lokomotif

Lokomotif CC 201 92 03 dalam uji coba Jalur Cibatu – Garut | Youtube / Bennie Ok

[29/9]. Setelah sebelumnya diujicoba menggunakan MPJR, Jalur Cibatu – Garut kini diujicoba menggunakan lokomotif. Uji coba dengan lokomotif dilakukan pada pagi tadi. Dalam uji coba kali ini, lokomotif berjalan dari Cibatu hingga Wanaraja.

Sebelum uji coba dengan lokomotif dilakukan, sebelumnya pada Jumat kemarin, MPJR melakukan uji beban pada jembatan-jembatan yang ada di sepanjang jalur. Tujuannya untuk melihat apakah jembatan yang sudah direnovasi sudah cukup kuat untuk dilintasi oleh kereta atau belum.

Uji coba dilakukan menggunakan lokomotif CC 201 92 03 yang membawa sejumlah kru dengan berjalan dari Cibatu ke Wanaraja dan kembali lagi. Dalam uji coba ini, kecepatan lokomotif dibatasi hanya 20 km/jam karena kondisi jalur yang masih belum sepenuhnya stabil.

Sama seperti pada uji coba pertama menggunakan MPJR, uji coba menggunakan lokomotif ini disambut meriah oleh masyarakat yang tinggal di sekitar jalur. Masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat antusias melihat lokomotif melintas di Jalur Cibatu – Garut.

Setelah uji coba menggunakan lokomotif, dalam waktu dekat Jalur Cibatu – Garut seksi Cibatu – Wanaraja akan diujicoba menggunakan rangkaian kereta. Ditargetkan Jalur Cibatu – Garut dapat kembali beroperasi pada akhir 2019 ini.

(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Jalur Cibatu – Garut Diujicoba Menggunakan Lokomotif

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×