Rangkaian LRV Jabodebek Pertama Dikirim Dari Madiun

Truk pengangkut rangkaian LRV Jabodebek saat keluar dari workshop PT INKA | picture: Muhammad S. Fadhil

[8/10]. Setelah sekian lama hanya menjadi sebuah wacana, akhirnya rangkaian LRV untuk LRT Jabodebek mulai dikirim dari pabrik INKA di Madiun. Rangkaian LRV untuk LRT Jabodebek mulai dikirimkan sore tadi pada pukul 18:40 WIB.

Berbeda dengan rangkaian LRV untuk LRT Palembang yang dikirim melalui jalur rel, pengiriman LRV untuk LRT Jabodebek dikirim melalui jalur darat menggunakan truk. Hal ini dikarenakan lebar sepur yang digunakan LRV Jabodebek berbeda dengan LRV Palembang.

Seperti yang kita ketahui LRV Jabodebek menggunakan lebar sepur 1435 mm sedangkan LRV Palembang menggunakan lebar sepur 1067 mm. Sebanyak 1 set atau 6 kereta dikirimkan dari Madiun menggunakan 6 truk trailer.

Kereta LRV yang berada di atas truk trailer | picture: Muhammad S. Fadhil

Kereta pertama yang keluar ada kereta T2 disusul dengan T1, MC1, MC2, M1, dan terakhir M2. Rangkaian pertama ini rencananya akan dikirim ke Cibubur di mana kanopi penyimpanan telah disiapkan di sepur badug Stasiun Cibubur. Dua unit crane bahkan sudah disiapkan sejak akhir September lalu untuk pengangkatan rangkaian LRV ke atas jalur.

Rangkaian untuk sementara akan disimpan di sepur badug Stasiun Cibubur hingga jalur tersambung dan Dipo Bekasi Timur siap untuk digunakan. Diperkirakan rangkaian pertama ini akan tiba di Jakarta sebelum akhir pekan ini.

Sebelumnya Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Jalur LRT Jabodebek fase 1 Cibubur – Cawang rencananya akan diujicoba menggunakan rangkaian kereta pada minggu ini.

Sejumlah persiapan pun dilakukan untuk menyambut uji rangkaian ini seperti dipasangnya sistem persinyalan, gardu listrik, jalur rel, dan listrik aliran bawah (LAB).

(RED/BTS) 

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×