KAI Akan Pesan 20 Rangkaian KRDE ke INKA

Desain KRDE untuk layanan KA regional | dok. INKA

(20/8) – Kereta Api Indonesia (KAI) berencana kembali memesan kereta rel diesel elektrik (KRDE) dari Industri Kereta Api (INKA). KRDE ini akan dipesan sebanyak 20 rangkaian dengan formasi 12 kereta, dengan total 240 unit.

Dilansir dari Kumparan, menurut Direktur Utama INKA Budi Noviantoro, rencana pengadaan KRDE ini sedang dimatangkan oleh KAI. Jika KAI jadi membeli, produksi KRDE ini ditargetkan akan dimulai pada 2020.

Sebelumnya diberitakan RE-Digest pada Juni lalu, spesifikasi awal KRDE ini adalah 10 kereta per rangkaian. KRDE ini memiliki desain kabin yang mirip dengan KRDE seri ME204 formasi 4 kereta yang sebelumnya sudah digunakan pada beberapa layanan KA bandara dan juga layanan KA Solo Ekspres. Namun bagian samping dan interior kereta akan memiliki perbedaan dengan KRDE seri ME204 yang sudah ada.

Spesifikasi ini kemudian disesuaikan kembali oleh KAI dan INKA menjadi 12 kereta. Nilai kontrak untuk 240 unit KRDE ini diperkirakan mencapai Rp 2,8 triliun.

Salah satu rangkaian KRDE ME204 saat sebelum dikirim untuk menjadi armada Bandara Minangkabau

Menurut Budi, rangkaian kereta rel diesel (KRD) biasanya dipakai KAI sebagai armada kereta api (KA) lokal dan komuter. Selain menggunakan KRD, KA lokal dan komuter juga menggunakan kereta penumpang kelas ekonomi yang ditarik lokomotif.

Namun berbeda dengan KRD yang sudah ada sebelumnya, Budi menyebutkan kalau KRD ini akan digunakan untuk KA regional. “KRD ini untuk jarak jauh. Kan sudah banyak kereta ekonomi yang lokal. Sebelumnya itu kan pakai lokomotif, sayang dong. Lokomotifnya untuk angkut barang,” kata Budi seperti dikutip dari Kumparan. (RED/MPF)

loading...

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: