[GALERI] Kehebatan Sang #KudaBeban Menghela KA Barang

Kereta api pengangkut barang atau logistik memegang peranan penting dalam menggerakkan perekonomian sebuah negara. Meskipun pada awalnya kereta api diciptakan hanya untuk mengangkut penumpang, potensi yang terdapat pada penghantaran logistik membuat kereta api juga menjadi salah satu penggerak dalam sistem rantai suplai logistik.

Di Indonesia, KA barang telah eksis sejak zaman kolonial Belanda. Pada saat itu, jumlah komoditas yang diangkut dengan KA jauh lebih banyak dibanding sekarang. Sehingga terdapat lebih banyak variasi gerbong yang digunakan dalam pengangkutan barang. Misalnya stock car atau gerbong ternak, market wagon atau gerbong pasar, dan lain sebagainya.

KA Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang) yang merupakan ciri khas KA barang dari Sumatera Selatan. Foto pada kesempatan kali ini cukup unik karena ditarik dengan dua lokomotif CC 205 dan dua lokomotif CC 202

Kini, jumlah variasi gerbong barang di Indonesia lebih sedikit, meskipun komoditas yang diangkut oleh KA barang di Indonesia mungkin masih hampir sama banyaknya seperti zaman dahulu. Kini, gerbong barang yang masih digunakan di Indonesia adalah jenis flat car atau gerbong datar (GD/PPCW), coal hopper atau gerbong bak terbuka khusus angkutan batubara (GB/KKBW), ballast hopper atau gerbong terbuka khusus angkutan batu balas (GB/ZZOW), tanker atau gerbong tangki (GK/KKW), dan box car atau gerbong tertutup (GT/GGW).

Sesuai dengan pembukaan di atas, pada hari Minggu ini REDaksi akan menampilkan showcase dengan tema KA barang non angkutan BBM dengan tagar #KudaBeban. Tema kali ini tidak menampilkan KA angkutan BBM karena KA angkutan ini sudah tampil secara eksklusif lewat beberapa tema sebelumnya yang pada saat itu belum kami tampilkan dalam galeri.

Berikut adalah showcase kekuatan sang #KudaBeban dalam galeri berikut ini

Daftar Isi

  1. Pembuka
  2. Kereta Api Angkutan Batubara: Emas Hitam Yang Mahal Harganya
  3. Kereta Api Angkutan Petikemas: Warna-Warni Si Kotak Berjalan
  4. Kereta Api Angkutan Semen: Membangun Bangsa dengan Kereta Api
  5. Kereta Api Angkutan Parcel dan Bagasi: Menggunakan Sarana Yang Berbeda
  6. Kereta Api Angkutan Balas: Peran Penting Dalam Kenyamanan Perjalanan
  7. Kereta Api Barang Lain-Lain

Halaman Selanjutnya: Kereta Api Angkutan Batubara: Emas Hitam Yang Mahal Harganya

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Pages ( 1 of 7 ): 1 2345 ... 7Berikutnya »

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “[GALERI] Kehebatan Sang #KudaBeban Menghela KA Barang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×